ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Muhammad Farras (jersey putih) ketika membela SMAN 39 Jakarta di perhelatan DBL DKI Jakarta Series 2019 lalu (DBL Indonesia)

Kabar gembira datang lagi dari anak DBL nih. Kali ini dari SMAN 39 Jakarta. Yaps, salah satu pemain mereka, Muhammad Farras berhasil diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021. Student athlete berusia 17 tahun itu, bakal melanjutkan studinya di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Farras akan menempuh studi dengan jurusan teknik industri di ITB nanti. Dirinya begitu bersyukur atas apa yang bisa dicapai. “Alhamdulillah banget, dari kelas X di SMAN 39, aku emang udah incar bisa masuk SNMPTN,” tandasnya.

Fyi, SNMPTN ini merupakan jalur undangan buat pelajar kelas XII dengan seleksi melalui nilai rapor semester 1 sampai semester 5. Dengan kata lain, Farras berhasil diterima via jalur SNMPTN tanpa tes dan hanya melalui jalur rapor saja. Pemain berposisi guard itu sendiri memang sangat berjuang buat dapat di SNPMTN.

“Bisa dibilang aku berjuang mati-matian, soalnya PTN yang akum aku mau cukup ketat persaingannya,” tuturnya. Ia juga menceritakan salah satu perjuangannya demi masuk SNMPTN. “Pernah kelas XI, bela-belain belajar sampai jam 3 pagi demi ujian matematika hehe,” timpalnya.

Meski telahh berjuang habis-habisan, ia sendiri tak menyangka bisa diterima di ITB. Farras mengungkapkan sampai menitihkan air mata ketika melihat hasil SNMPTN. “Sempat nangis terharu, karena lihat papa mama nangis aku bisa diterima,” imbuhnya.

Buatnya, ini adalah hasil manis. Soalnya, ia mengakui tidak mudah untuk menyeimbangkan antara belajar dan basket. Terutama, waktu ia membela Galan (julukan SMAN 39) di kancah DBL DKI Jakarta Series pada 2018 dan 2019. “Nggak gampang seimbangkan keduanya. Tapi, karena aku udah niat dari awal, belajar abis latihan sampai malam juga kuat aja,” cetusnya.

Di ITB nanti, kemungkinan besar Farras juga bakal aktif basket nantinya. Sembari berharap pandemi akan berakhir, sebab ia sangat excited untuk memulai perkuliahan, kalau sudah diizinkan untuk tatap muka.

Bersama Galan, Farras sendiri cukup tampil moncer. Dirinya, berhasil mencetak 52 poin, 22 rebound, serta 16 steal untuk membawa timnya menembus final DBL seri Jakarta Timur hingga melangkah ke fase grup DBL DKI Jakarta Championship Series 2019.

Pengumuman SNMPTN sendiri sudah diumumkan sejak Senin (22/3) lalu. So, buat kalian yang diterima via jalur SNMPTN ini congratulation! Dan buat kalian yang belum diterima, jangan berkecil hati, masih banyak jalur menuju Roma kok hihi. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)