ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Holllaaa DBL Lovers. Hari Minggu nih, waktunya Tricky Trcik dong. Yaps, hari ini, di channel YouTube DBL Play ada episode baru Tricky Trick loh. Bersama coach Dimaz Muharri dan coach Firman, Tricky Trick episode terbaru akan mengulas soal trick jitu mengagalkan pick and roll lawan.

Pick and roll merupakan salah satu strategi yang kerap dilakukan di permainan basket. Tujuan dari pick and roll adalah membukakan ruang agar pemain bisa menembus lebih dalam daerah pertahanan lawan. Nah, karena pick and roll itu bertujuan membuka pergerakan defender, oleh sebab itu, sebagai pemain bertahan kalian juga harus punya strategi nih biar nggak kepancing.

Cara pertama buat menutup pergerakan pick and roll adalah dengan melakukan double team. Sederhananya, ketika gerakan ini, defender akan melakukan penjagaan ketat, dengan dua orang defender menjaga satu offender yang memegang bola.

Buat melakukan ini, kalian harus menjebak si offender, biar langkahnya ketika pick and roll dengan rekan setimnya bisa digagalkan. “Kalian harus janjian dulu untuk membuat kode, ketika kode itu diteriakan, langsung ubah gerakan penjagaan terhadap lawan,” cetus coach Firman.

Coach Dimaz juga menambahkan ada hal yang juga harus diperhatikan. Yaitu pastikan ketika sudah berhasil trap untuk double team, jangan sampai ada rongga sama sekali serta buat gerakan yang mengganggu konsentrasi lawan.

Kerja sama tim yang baik membuat gerakan ini pasti bisa berhasil. “Ketika kita yang menjaga pemain yang pegang bola, arahkan ke rekan setimnya yang ingin pick kalian, lalu jebak bersamaan dengan teman satu tim kita,” timpal coach Dimaz.

Nah, selain double team ada juga satu cara lainnya buat menggagalkan pick and roll lawan. Yaitu dengan melakukan switch defense. Sebenarnya, dua gerakan ini juga merupakan cara trap defense. Bedanya di switch defense ini, kalian akan bergantian dengan rekan rekan setim kalian buat menjaga offender yang memegang bola.

Nggak jauh beda, buat menerapkan switch defense ini kalian juga perlu kode. Hal ini juga menunjukkan komunikasi yang baik di tim kalian. Jadi, ketika rekan setim kalian meneriakan kode, kamu yang sedang menjaga offender yang lagi menguasai bola, segera pindah ke belakang rekan setim kalian dan bertukar posisi untuk menjaga offender yang akan melakukan pick.

Yang perlu diperhatikan ketika switch defense, rekan setim kalian tidak mengarahkan offender untuk melakukan gerakan ke dalam. Namun, defender berdiri di depan offender, untuk mencegah lawan melakukan change of pace dan menciptakan momentum. “Kalian harus hadang lawan, tidak perlu mengarahkan lawan, stop dia buat dia nggak lakukan momentum,” ucap coach Dimaz. (*)

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa tonton video Tricky Tricky di bawah ini!

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY