ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Video terbaru Tricky Trick udah tayang lagi nih guys di channel YouTube DBL Play. Yaps, masih ngebahas soal cara bertahan buat menggagalkan pick and roll dari lawan. Kalau di video sebelumnya, ada dua cara berbeda buat gagalkan pick and roll offender.

Nah, sekarang coach Dimaz dan coach Firman menjelaskan cara supaya kalian bisa cegah pergerakan pick and roll lawan dengan melakukan slide through dan hard show. Simpelnya, slide through ini adalah pergerakan kalian mengarah ke samping, baik ke kiri maupun ke kanan.

Ketika bertahan, kalian bisa gunakan gerakan ini, untuk menggiring offender menjauh dari zona pertahanan. Coach Dimaz menjelaskan, ketika melakukan defense slide through, peran penting dipegang oleh defender yang menjaga offender yang sedang memegang bola.

“Setelah ada isyarat dari rekan setim, defender yang jaga pemain lawan yang pegang bola, langsung arahkan offender dengan slide through, biar menjauhkan lawan dari zona pertahanan,” ucap coach Dimaz.

Satu catatan penting ketika melakukan slide through adalah jangan sampai over defend. Maksudnya adalah kalian sebagai defender nggak boleh terpancing dengan pergerakan offender. Baiknya, fokus melihat dan ikuti arah bola dari offender.

“Jangan slide terlalu cepat dan jangan ambil step berlebihan untuk bergerak, itu justru membuka ruang buat offender,” tegas coach Dimaz. Selain slide through satu gerakan lainnya adalah hard show.

Gerakan ini masih bertujuan buat memaksa offender memperlebar step supaya menjauhi zona pertahanan. Jadinya, offender hanya punya dua pilihan. Yaitu memaksa masuk dan 1on1 dengan defender lainnya atau mengambil dribble jauh dari zona pertahanan lawan.

Nah, untuk melakukan gerakan ini, kunci utamanya adalah komunikasi. Karena kalian sebagai defender akan bertukar posisi dengan rekan setim kalian buat menjaga offender yang sedang memegang bola.

“Setelah ada isyarat dari pemain bertahan yang menjaga pemain menyerang tanpa bola, segera lakukan tukar posisi dengan rekan setim, lalu kembali menjaga pemain yang tidak memegang bola, untuk kembali ke posisi semula,” cetus coach Firman.

Coach Dimaz juga mengingatkan, hard show ini bukan seperti double team. Jadi, kalian jangan sampai lengah untuk meninggalkan rekan dari offender. “Ketika rekan setim kalian masih jaga pemain yang pegang bola, jangan meninggalkan pemain lain bebas,” ucap coach Dimaz. (*)

Nah, untuk lebih jelasnya, kalian bisa tonton video Tricky Trick terbaru di bawah ini!

  RELATED ARTICLES
Comments (0)