ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Gimana puasanya DBL Lovers, masih semangat dong? Tenang-tenang waktu berbuka emang masih lama. Daripada gabut atau males gerak (mager), mending kalian mampir ke YouTube channel DBL Play deh, buat belajar lagi soal basket. Kebetulan, ada episode terbaru Tricky Trick bareng coach Dimaz Muharri dan Yerikho Tuasela, pemain profesional Bali United Basketball.

Yaps, di video terbaru Tricky Trick, coach Dimaz dan Yerikho menjelaskan dua gerakan combo dribble atau dribble gabungan dari beberapa gerakan dribble fundamental. Pertama gabungan gerakan crossover, dan double between the leg. Coach Dimaz menyarankan, buat melakukan ini momen yang pas adalah ketika transisi dari defense ke offense.

Hal terpenting ketika melakukan combo dribble ini adalah body movement, gerakan badan kalian harus lentur, ngga boleh kaku. Karena itu, pastinya kalian mesti menguasai dulu nih fundamental crossover dan between the leg.

“Buat melakukan gerakan ini, lihat space kalian dengan lawan. Jangan lakukan ketika jarak berdekatan, karena jadi susah lewat malah bisa turnover,” cetus Yerikho. Satu gerakan combo dribble lainnya adalah kombinasi between the leg dan double behind the back. Hal terpenting ketika melakukan combo dribble ini adalah kalian harus perhatikan kaki kalian.

Upayakan posisi kaki split, nggak lateral atau dalam keadaan lurus. Sebab, hal itu buat mempermudah pergerakan kalian, buat mengambil momentum. “Kalau kaki split, hanya satu motion dan kalian bisa attack langsung,” timpal alumni DBL Selection 2011 itu. Bukan hanya kaki, melainkan cara dribble kalian juga harus dikendalikan dengan baik.

Kalian harus tetap stay low. Tujuannya adalah untuk membantu pergerakan ketika behind the back, sewaktu bola berada di belakang kalian. “Yang nggak kalah penting juga adalah kalian harus feel bolanya,” pungkas coach Dimaz.

Untuk lebih detail, kalian bisa tonton Tricky Tricky combo dribble di YouTube DBL Play, di bawah ini! (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)