ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Seminggu lalu hari raya Idul Fitri sudah berlalu. Namun, suasana lebaran selalu bikin rindu. Apalagi soal masakan khas yang selalu tersaji di atas meja. Mengenai makanan lebaran, sajian yang tersedia biasanya selalu identik dengan masakan bersantan. Nah, soal itu kalian nggak perlu khawatir, jika masakan itu mengandung banyak lemak.

Intinya, selama semua diatur, kalian nggak perlu takut badan kalian jadi le-ba-ran. Selain itu, coach Didit Pamungkas pakar nutrisi DBL Academy punya 6 tips biar kalian tetap aman menyantap menu lebaran dan nggak bikin badan kalian overweight! Apa aja tipsnya? Simak ulasannya berikut ini guys.

1. Utamakan Konsumsi Protein

Beberapa menu lebaran dasarnya mengandung protein. Seperti rendang daging ataupun opor ayam. Nah, untuk itu coba kalian utamakan sajian itu dari bahan dasarnya. Misalnya ketika memakan rendang, coba makan bagian dagingnya saja. Begitupun dengan opor ayam. Kalau bisa, tidak mengambil banyak kuah opornya ketimbang daging ayamnya.

2. Santap Dalam Keadaan Fresh

Menu lebaran banyak mengandung santan. Semakin menu santan sering dipanaskan, lemak baik pada santan akhirnya banyak berubah menjadi lemak jenuh. Itulah yang bisa bikin kandungan lemak dalam tubuh bertambah sehingga nggak baik buat kesehatan.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih bukan cuma untuk memenuhi cairan dalam tubuh. Melainkan juga bisa membantu kalian lebih merasa kenyang. Nah, konsumsi air putih ini juga mengatasi kekosongan perut, supaya porsi asupan masakan lebaran yang kalian makan nggak berlebih nantinya. “Baiknya minum air 1 sampai 2 gelas sebelum makan,” cetus Didit.

4. Tetap Konsumsi Sayuran

Makanan lebaran memang banyak mengandung lemak. Tapi, tenang saja selama kalian juga konsumsi dengan asupan seimbang hal itu tidak perlu dikhawatirkan. Karena itu tetap konsumsi sayuran yang mengandung serat tinggi agar menyeimbangkan asupan. “Selain mengandung serat, kalori dalam sayur juga rendah, jadi bisa dikonsumsi dalam jumlah banyak,” cuap Didit.

5. Terapkan Mindful Eating

Kalau hal ini lebih pada mindset kalian selama makan. Fokus dan penuh kesadaran serta menikmati proses saat makan akan membantu kalian merasa kenyang. Jadi, tidak perlu banyak mengonsumsi jenis makanan. Karena yang terpenting bagaiamana makanan yang masuk bisa diolah baik oleh pencernaan.

6. Ikuti Panduan Piring Model T

Untuk poin ini, penting juga loh. Buat panduan piring model T ini adalah kalian bisa sajikan seperempat karbohidrat, seperempat protein, dan setengahnya sayuran ketika menyantap makanan. "Cara ini juga bisa lebih mudah mengatur porsi makan kalian," tutur Didit.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)