ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Buat kalian penggemar NBA, pasti udah tahu dong nama Rajon Rondo. Yaps, doi adalah salah satu pemain basket yang sekarang ini main buat LA Clippers di NBA. Rondo sendiri dikenal sebagai rajanya assist. Sebagai seorang point guard Rondo juga suka menunjukkan trick passing yang bisa ngecoh lawan, sampai bikin kita yang nonton juga terheran gimana caranya ya.

Nah, pas banget nih di episode terbaru Tricky Trick, coach Dimaz Muharri dan coach Madya Firman ngasih tahu drill supaya kalian bisa niru cara passing Rajon Rondo. Di video itu coach Dimaz menjelaskan dua gerakan yang suka dilakukan Rondo. Pertama adalah kick out hook pass dan yang kedua adalah behind the back fake pass.

Buat melakukan dua gerakan itu, fundamental utamanya adalah kalian harus sering melatih gerakan hook pass kalian. Hook pass sendiri merupakan gerakan operan bola melalui bagian atas pemain supaya bola sulit dijangkau lawan. Caranya adalah dengan mengayunkan tangan ke atas. Bisa menggunakan tangan kanan maupun kiri.

“Latih dulu hook pass kalian secara statis dengan berjarak antar rekan satu tim,” ucap coach Dimaz. Lalu untuk kick out hook pass, pengembangannya adalah kombinasikan gerakan dribble dan kick out lalu akhiri dengan hook pass. “Caranya dribble, stop lalu lakukan hook pass,” cetus coach Dimaz.

Nah, ketika melakukan hook pass, ada satu hal yang perlu diperhatikan. Yaitu bisa dilakukan dengan melompat ataupun tidak. Namun, coach Dimaz mengingatkan, ketika melakukan hook pass dengan lompat, kalian harus hati-hati. Soalnya, tidak tepat, kalian malah terperangkap travelling dan turn over. “Pokoknya timing-nya harus pas,” timpal coach Dimaz.

Sementara gerakan satunya yaitu behind the back fake pass, lebih tricky dibanding kick out hook pass. Soalnya, ketika gerakan ini kalian harus bisa nge-grip bola dengan baik. Tapi, jika cengkraman bola kalian tidak keras, kalian bisa akali dengan memegang bola pada telapak tangan dibantu bagian pergelangan tangan kalian.

Supaya berhasil mengecoh, pandangan kalian harus ke arah teman satu tim kalian. Tujuannya agar fokus lawan tertipu seolah-olah kalian ingin mengoper bola padahal kalian tuntaskan bola dengan lay up ke ring.

“Jika tidak berhasil, kalian tinggal kecoh lawan dengan hook pass, karena itu visi bermain basket kalian juga harus dilatih, supaya kalian bisa ambil keputusan dengan cepat,” pungkas coach Dimaz.

Nah, biar kalian bisa pelajari gerakan secara detail, mending langsung aja nih tonton Tricky Trick episode drill passing advance versi Rajon Rondo di bawah ini! (*)

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)