ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Intan Syarwani (9) ketika membela SMAN 2 Banda Aceh di DBL Aceh Series 2019 (DBL Indonesia)

Tepat pada Selasa (20/7) hari ini umat muslim merayakan hari raya Idul Adha 1442 Hijriah. Biasanya, di Indonesia sendiri banyak ragam tradisi daerah ketika menyambut hari raya kurban ini. Seperti Intan Syarwani, dara kelahiran Banda Aceh 9 September 18 tahun silam itu menceritakan soal adat di tanah rencong.

Salah satunya adalah adat peusijek atau biasa banyak diketahui merupakan prosesi budaya di Aceh sebagai rasa syukur atas nikmat dari Tuhan untuk menyambut hari raya kurban. Selain prosesi adat istiadat itu, Idul Adha juga identik dengan ragam masakan khusus yang tersaji di atas meja makan.

Nah, soal makanan, alumni SMAN 2 Banda Aceh itu sendiri mengakui punya 5 makanan favorit ketika menyambut hari raya Idul Adha. Nah, apa aja santapan favorit pemain yang membela timnya di DBL Aceh Series 2019 itu? Keepin scroll-ing guys, check this out!

1. Gulai Kambing

Secara mendasar, gulai kambing emang terlihat umum. Tapi, yang membedakan dari gulai kambing buatan keluarga Intan adalah rempah-rempah yang terdapat pada masakan satu ini. Salah satu yang membedakan adalah adanya rempah adas manis yang membuat rasa gulai cukup harum dan juga makin terasa pedas.

2. Rendang

Wilayah Sumatera memang dikenal dengan rendang. Yaps, masakan asli Indonesia yang sudah diakui oleh Unesco ini memang dikenal dengan rasa rempah-rempah yang cukup kuat. Buat Intan masakan olahan daging sapi ini, cocok sekali disantap dengan karbohidrat lainnya. “Kalau di Aceh kita biasa menyantapnya dengan lontong atau nasi gurih,” imbuhnya.

3. Sie Masak Merah (Daging Kari Aceh)

Masakan satu ini jadi tradisi masyarakat Aceh ketika menyambut lebaran Idul Fitri maupun Idul Adha. Dasar dari sajian ini adalah daging lembu atau kerbau hasil dari kurban. Biasanya masyarakat di sana menyajikan masakan ini di hari kedua lebaran. Bagi Intan, santapan ini wajib ada di meja makan. “Makanan yang tersaji bisa menghadirkan suasana lebaran yang selalu kita nantikan,” ucapnya.

4. Sie Reuboh (Daging Masak Pedas)

Pada dasarnya, sie reuboh merupakan hasil marinasi daging yang didiamkan semalaman. Aromatik cuka dan rempah lainnya yang meresap membuat rasa khas daging begitu kuat. Kalau Intan sendiri, biasanya memasak daging tersebut dengan menambahkan cabai. Supaya rasa pedas dari daging terasa menggigit di mulut.

5. Daging Masak Putih Khas Aceh

Satu lagi masakan olahan dari daging tersaji di meja makan keluarga besar Intan. Yaps, sesuai namanya, dara berusia 18 tahun itu menyiapkan sajian ini berbeda karena tidak ada unsur pedasnya. Pada dasarnya, olahan daging satu ini mirip dengan opor ayam. Karena makanan ini juga disiram dengan santan kental serta aroma bawang merah dan juga bawang putih yang kuat.

Nah, itu adalah 5 masakan favorit Intan ketika menyambut hari raya Idul Adha. So, kalau kalian sendiri, punya masakan favorit ketika lebaran nih? (*)

Source foto makanan: Istimewa

  RELATED ARTICLES
Comments (0)