ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Jofinka Putri Bandini (DBL Indonesia)

Sepak terjang basket Jofinka Putri Bandini memang tak perlu diragukan. Alumni SMAN 3 Jakarta (Teladan) itu memang sudah cukup malang melintang di dunia basket pelajar. Salah satu buktinya adalah bisa membawa putri Teladan ke final DBL DKI Jakarta Championship Series 2018 dan tembus menjadi Top 24 Campers DBL Camp 2018. Dua tahun lulus dari Teladan, kini Jofinka tengah sibuk dengan aktivitas kuliahnya.

Jofinka sendiri melanjutkan kuliah di Universitas Surabaya (Ubaya). Saat ini dara berusia 20 tahun itu sedang praktek magang di salah satu kantor pengacara di Jakarta. Hebatnya, di tengah kesibukan magangnya, ternyata Jofinka masih menyempatkan diri untuk aktif di dunia olahraga.

Belum lama ini ia bersama 5 sahabatnya mendirikan komunitas olahraga perempuan bernama HER Sports yang mulai aktif berkegiatan pada bulan Mei 2021 silam. Kelima sahabatnya merupakan teman masa SMP Jofinka. Mereka adalah Fatchiaty Farikha, Sabila Mahpud, Tabina Salsabila, Nadira Melia dan Nabila Ramadhani.

Berangkat dari keresahan ia dan sahabatnya soal perempuan yang berolahraga di luar ruangan, mereka berlima menginisiasi komunitas ini. “Karena kita sadar kalau perempuan perlu wadah buat olahraga bersama. Seringkali perempuan merasa insecure ketika olahraga sendirian, jadi kita buat komunitas ini,” terangnya.

Selain itu, Jofinka menuturkan, terbentuknya HER ini menjadi ajang dukungan terhadap perempuan agar tetap menjalankan olahraga di tengah pandemi. Dirinya nggak ingin adanya pembatasan kegiatan jadi alasan buat menghilangkan aktivitas olahraga.

“Dari situ kita bisa nambah teman baru, karena olahraga kan solider and sportive. Kita juga memiliki misi buat empowering women through sports,” ucap Jofinka. Lebih lanjut, ia menjelaskan HER sendiri punya beragam jenis aktivitas olahraga yang seru dan menyehatkan.

“Kita provide activities to stay healthy, kayak educational content about health, weekly online class activities yoga, zumba, pilates, ataupun dance fit. Ada weekly run with HER kita lari approximately 10k, ada basket, golf, dan tennis juga,” timpalnya.

HER ini juga merupakan bentuk ekspresi dari kecintaan Jofinka terhadap olahraga. Dirinya ingin perempuan bisa ikut merasakan seberapa dampak positif ketika menjadikan olahraga sebagai salah satu prioritas. “And it’s also proven those who do sports tend to be more positive about themselves,” lanjutnya.

Sampai empat bulan awal, sudah ada 50 perempuan yang ikut bergabung dalam kegiatan ini. Tidak ada batasan usia untuk ikut komunitas ini. Jika ingin bergabung, kalian hanya perlu mengonfirmasi keikutsertaan kalian melalui direct message ke Instagram @her_sports.

Jofinka sendiri mempunyai harapan luas dengan adanya komunitas HER ini. Bahkan, nggak menutup kemungkinan ia juga akan membentuk HER menjadi salah satu klub basket yang fun. “Basket itu bisa menambah imunitas yang meningkatkan kebahagiaan. Bahagia itu sendiri bisa membuat kita bertambah sehat,” pungkasnya. (*)

Foto kegiatan komunitas HER Sports (Dok. by HER Sports):

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY