ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Tricky Trick DBL Play
Kuasai Dua Gerakan Ini, Dijamin Anti Diomelin Pelatih!
Hakiki Tertiari - 06 September 2021

DBL Lover, Tricky Trick edisi terbaru udah tayang nih di YouTube-nya DBL Play. Udah pada nonton belum? Hmm, sayang banget kalau nggak sampai kelewatan. Soalnya, dua pelatih DBL Academy yaitu coach Nanda dan coach Dimaz Muharri kasih penjelasan nih soal dua gerakan leading perimeter ketika kalian dalam posisi offense. 

Buat yang masih bingung, leading perimeter adalah gerakan buat kalian bisa menerima bola dengan baik di area perimeter atau bagian atas three point. Gerakan ini merupakan gerakan penting, ketika sedang menyerang. Sebab, dari sini pemain bisa menentukan arah penyerangan ke area lawan.

Sekaligus tetap menjaga bola dalam penguasaan tim. Coach Dimaz sendiri mengingatkan, ketika awal dirinya bermain sebagai pemain profesional, hal ini juga jadi perhatian pelatih loh. Jangan sampai bola lepas dan kalian malah diomelin pelatih kalian. 

Nah, biar nggak gagal ketika melakukan movement di leading perimeter ini, coba gerakan pertama yaitu perimeter post up. Yaitu dengan menempel badan kalian ke pemain penjaga. Namun, ketika melakukan perimeter post up, posisi badan kalian wajib berada di depan si defender.

Soalnya, jika posisi kalian tertutup oleh defender, hal tersebut memudahkan defender menutup celah operan bola dari teman setim kalian. “Ketika post up, ini akan mengandalkan kekuatan kalian,” ucap coach Dimaz. Lalu, satu gerakan lainnya adalah face in and spin.

Ketika melakukan gerakan ini, pastikan kalian lihat posisi defender, dibarengi dengan gerakan langkah kalian. Pada saat posisi defender lengah, pancing gerakan memutar agar kalian bisa menempatkan diri untuk siap menerima operan bola dari rekan satu tim kalian.

“Saat melakukan ini lebih menonjolkan kecepatan gerakan kalian, ingat main basket itu harus bisa baca situasi,” tandas coach Dimaz. Nah, untuk lebih detail lagi mengenai dua gerakan ini, kalian bisa langsung tonton dan pelajari ini di seri terbaru Tricky Trick “Tips Agar Pattern Berjalan Sempurna, Pelajari Leading-Perimeter” hanya di YouTube DBL Play di bawah ini! (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)