ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Suasana Honda DBL DKI Jakarta Series 2019 (DBL Indonesia)

Tinggal satu bulan lagi, Honda DBL akan kembali digelar Oktober mendatang. Terdekat, DKI Jakarta jadi kota penyelenggara pertama, disusul Surabaya berikutnya untuk seri Jawa Timur. Nah, tentunya buat kalian yang udah menunggu penantian panjang buat kembali berlaga di Honda DBL, kalian wajib persiapkan diri.

Selain menyiapkan diri untuk protokol kesehatan (prokes) ketat, persiapan secara teknis basketnya juga nggak boleh terlupakan loh. Berikut ini ada 5 tips persiapan yang bisa kalian lakukan dari coach Firman Madya, pelatih DBL Academy. Apa aja itu? Keepin scroll guys!

1. Latihan Fisik SAQ (Speed Agility Quickness)

Masuk dalam kategori olahraga aerobik, basket sangat memerlukan kecepatan dan juga gerakan yang gesit. Oleh sebab itu melatih tiga pondasi SAQ (Speed, Agility, Quickness) merupakan hal penting dalam basket. Baiknya untuk latihan fisik ini dilakukan tiga kali dalam seminggu. Untuk latihannya sendiri, kalian bisa baca artikel DI SINI.

2. Perkuat Dribble

Kekuatan dribble merupakan fundamental dari permainan basket. Utamanya bagi seorang play maker, agar bola bisa mengalir dengan baik ketika menyerang. Untuk drill ini, coach Firman memberikan tips untuk dilakukan seminggu tiga kali. “Coba fokus untuk memperkuat dribble sisi yang lemah,” cetus coach Firman. Mengenai latihan dribble, kalian bisa cek artikelnya DI SINI.

3. Tingkatkan Akurasi Shooting

Tembakan akurat jadi satu hal penting dalam basket. Coach Firman sendiri memberikan tips buat kalian, untuk memperkuat akurasi shooting ini. Apalgi, untuk para small man, akurasi shooting bisa membuka peluang mencetak poin dari berbagai sisi lapangan. “Coba lakukan 3 kali dalam seminggu,” ujar coach Firman. Nah, untuk variasi latihan shooting, kalian bisa baca artikelnya DI SINI.

4. Latih Perimeter Move

Satu sisi yang cukup krusial di lapangan basket adalah bagian perimeter move. Soalnya, di sisi tersebut, kalian bisa membuka peluang untuk menembak bola, atau justru merangsek ke sisi dalam bawah ring. Oleh karena itu coach Firman memberi tips agar bisa melatih drill ini minimal dua sampai tiga kali dalam seminggu.

5. Banyak Menonton Pertandingan Basket

Tidak ketinggalan, coach Firman juga memberikan tips agar kalian bisa meningkatkan basketball IQ. Caranya adalah dengan banyak menonton pertandingan basket. Baik itu laga-laga Honda DBL ataupun NBA. Nah, untuk pertandingan Honda DBL sendiri, semuanya tersedia di YouTube DBL Play. Atau kalian juga bisa saksikan game of the year, pilihan pertandingan dari tim DBL Indonesia sekaligus ulasan dari coach Dimaz Muharri.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)