ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Mulai Perkuat Defense Hingga Gelar Zoom Meeting

Ini Persiapan Tim yang Bertanding di Hari Kedua Seri Jambi

Al Ridho - 13 December 2021

Empat pertandingan akan jadi sajian seru di hari kedua Honda DBL 2021 Jambi Series. Sebanyak enam tim putra dan dua tim putri akan saling berhadapan untuk bisa mengamankan tiket di babak delapan besar. Tentunya kedelapan tim yang akan bertanding hari ini (13/12) sudah mempersiapkan diri sejak jauh hari. Penasaran dengan persiapan masing-masing tim? Simak di sini.

SMAN 10 Kota Jambi vs SMAN 2 Kota Jambi

Meski harus menukangi tim putra dan putri SMAN 10 Jambi, coach Hilery tetap memberikan porsi latihan yang sama bagi tim besutannya. Hal tersebut dilakukan agar membuahkan kemenangan di laga perdana bagi tim putra dan putri yang akan bertanding hari ini.

Walaupun sempat terkendala pandemi, tapi coach Hilery mengaku jika persiapan timnya sudah matang dan siap tempur. Bukan tanpa alasan dirinya sumbar seperti itu. Pasalnya, sejumlah latihan kompleks telah ia berikan selama masa persiapan.

“Kami lebih perdalam ke defense man to man. Tapi saya juga tidak lupa memberikan materi offense pada anak-anak. Yang terpenting bukan fokus mengejar poin, tapi lebih ke teamwork dan disiplin,” ujarnya.

Agar bisa meraih kemenangan di laga perdananya, pelatih yang kerap disapa Lery itu mewanti-wanti pada tim putra dan putri SMAN 10 Jambi agar tetap optimis. “Hari ini jadi pertemuan pertama bagi masing-masing tim dengan lawannya. Jadi saya harap anak-anak bisa memberikan yang terbaik. Apalagi saya sudah mengingatkan agar bisa bertanggung jawab selama pertandingan dan optimis,” tuturnya.

Kesiapan menghadapi gelaran Honda DBL 2021 seri Jambi juga terlontar dari mulut pelatih tim putra SMAN 2 Jambi, Depha Dollini. Sebab, ia sudah memperkuat defense timnya dan membangun chemistry tim sejak jauh-jauh hari.

Menjelang laga pertama tim SMAN 2 Kota Jambi, coach Depha diliputi rasa waspada. Buta kekuatan lawan adalah alasan utama dirinya berhati-hati dalam meramu strategi bagi timnya. Ditambah, ini merupakan laga pertama setelah sekian lamanya SMAN 2 Kota Jambi tak mengikuti turnamen karena pandemi Covid-19 yang menyebar.

“Kami belum pernah sekalipun bertemu SMAN 10, tapi kami tidak akan meremehkan tim lawan dan fokus untuk pertandingan hari ini. Saya juga selalu mengingatkan ke pemain untuk bermain tenang, jangan ada tekanan dan lebih percaya diri dalam mengambil keputusan,” terang coach Depha.

SMAN 5 Kota Jambi vs SMA Xaverius 2 Jambi

SMAN 5 Kota Jambi menghadapi laga pertamanya ini dengan penuh rasa percaya diri. Sebab, tim yang berjuluk Lima ini unggul secara head to head dari sang lawannya, SMA Xaverius 2 Jambi. Dari beberapa kali pertemuan diberbagai turnamen lain, SMAN 5 Kota Jambi meraih kemenangan lebih banyak ketimbang Xavda (SMA Xaverius 2 Jambi).

Terlebih, coach Ainun Nisa melihat ada potensi besar di tim putra SMAN 5 Kota Jambi pada musim ini. “Walaupun banyak kendala di latihan karena Covid dan lain-lain, tapi progressnya lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Apalagi pertandingan ini sudah ditunggu-tunggu oleh para meain. Sehingga, anak-anak punya semangat yang luar biasa di musim ini,” bilangnya.

Tak hanya bermodalkan head to head dan semangat juang, tim SMAN 5 Kota Jambi pun terlihat yakin karena sudah melalui sejumlah materi latihan kompleks bersama Coach Ainun. “Sejauh ini kami sangat siap. mulai dari mental dan ketahan defens hingga akurasi offense. Semoga hasil latihan anak-anak bisa menetukan hasil pertandingan ini,” ucap coach Ainun.

Mengesampingkan hasil minor diberbagai turnamen saat bersua SMAN 5 Kota Jambi, Coach Angelina Maria yakin timnya bisa bicara banyak di pertandingan pertama ini. Di pertandingan ini dia ingin membuktikan kekuatan tim putra Xavda.

Tapi, coach Maria mengatakan jika kesiapan tim Xavda terganggu dengan waktu yang mepet. Terhitung hanya tiga bulan waktu yang ia punya untuk mempersiapkan tim Xavda di musim ini. Ketika melawan SMAN 5 Kota Jambi, ia juga ingin timnya bisa tampil fight hingga buzzer berbunyi.

“Karena pandemi dan pembatasan dari segala aktivitas di luar ruangan, kira-kira hanya 3 bulan waktu yang kami punyai untuk latihan. Namun kami terus memanfaatkan wktu yang singkat ini untuk menunjukkan permainan yang terbaik. Apalagi kami juga sudah siap soal pola permainan dan ketahanan fisik,” paparnya.

SMKN 2 Kota Jambi vs SMA Xaverius 1 Jambi

Tim putra SMKN 2 Kota Jambi tak ingin mengulangi kesalahan yang sama di musim 2019 dengan menelan kekalahan di pertandingan pertama. Akibat kekalahan itu, putra SMKN 2 Kota Jambi harus pulang lebih awal.

Menuju musim baru ini, tim putra SMKN 2 Kota Jambi hadir dengan semangat baru. Apalagi tim putra SMKN 2 Kota Jambi diprediksi punya semangat lebih. Sebab, praktis tak ada satupun nama pemain di musim 2019 yang ada di line-up SMKN 2 Kota Jambi tahun ini. Artinya, semua pemain putra SMKN 2 Kota Jambi adalah pemain baru.

Ambisi besar pun bakal ditunjukkan tim putri SMKN 2 Kota Jambi. Alasannya adalah ini menjadi tahun pertama tim putri SMKN 2 Kota Jambi ikut serta di kompetisi basket pelajar terbesar di Indonesia ini. Oleh karena itu, baik tim putra maupun putri SMKN 2 Kota Jambi dipastikan akan tampil ngotot demi meraih prestasi.

Kalah di semifinal Honda DBL Jambi Series 2019 memang bukanlah capaian buruk. Tapi hal itu tak cukup bagi SMA Xaverius 1 Jambi. Oleh karenanya, mereka ingin menuntaskan rasa penasarannya di musim 2021 ini.

Berkaca dari hasil musim 2019, coach Muhammad Danil coba memperkuat chemistry tim Xaverius sebelum menghadapi SMKN 2 Kota Jambi. Menurutnya, latihan rutin masih kurang kuat untuk membentuk chemistry anak didiknya demi mengarungi musim 2021 ini.

“Kami sering melakukan zoom meeting untuk memperkuat chemistry. Jadi kami habiskan waktu tiga jam dalam sehari untuk ngobrol tentang apa saja. Ini cara saya mengatasi tantangan untuk membentuk kekompakan tim yang diisi pemain baru,” terang coach Danil.

Meski menyandang predikat salah satu tim kuat di Jambi, tapi Xaverius tak ingin jemawa. Coach Danil tetap menganggap semua tim yang ikut serta di Honda DBL 2021 seri Jambi ini adalah tim kuat yang patut diwaspadai.

“Kami benar-benar belum mengetahui bagaimana kekuatan tim lawan, yang jelas kami ga mau menanggap remeh setiap lawan. Kami akan mengeluarkan semua kemampuan dan pengetahuan yang kami punya dan yang sudah kami latih selama ini untuk menghadapi pertandingan pertama,” terangnya. (alr)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY