ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Partai semifinal Honda DBL 2021 South Sulawesi Series yang mempertemukan tim putra SMA Rajawali Makassar versus SMAN 11 Makassar (Eleven) berlangsung seru. Bermain selama 40 menit penuh, baik Rajawali maupun Eleven sama-sama tampil impresif.

Hasil positif didapat Eleven usai menutup kuarter empat dengan keunggulan 84-73 atas Rajawali. Kemenangan ini sekaligus membawa tim polesan Kurniawan Hazairin melesat ke final. Mereka berpeluang meninggalkan status finalis dua musim berturut-turut (2018-2019) dan merengkuh gelar baru sebagai juara.

Di laga semifinal lawan Rajawali, Eleven berkali-kali mendapatkan perlawanan. Bahkan, anak-anak Rajawali sebenarnya tancap gas lebih dulu di kuarter pertama. Belum genap dua menit sejak tip off, Rajawali berhasil membungkus enam poin berbalas hanya satu dari Eleven.

Tembakan dua poin Andi Ahmad Fadhilah jadi pembuka kans bagi Eleven untuk mengejar ketertinggalan. Benar saja, Eleven dapat membalikkan keadaan di paruh akhir kuarter pertama. Di sisa kuarter berikutnya, Rajawali tampil lebih menekan. Itu dibuktikan dengan torehan 50 poin yang berhasil mereka dapat kala berlaga di area paint Eleven.

Dari total 64 peluang yang didapat Rajawali, 28 di antaranya berhasil membuahkan dua dan tiga poin. Hasilnya, presentase field goals Rajawali mencapai 43 persen. Sedikit lebih banyak dari Eleven yang hanya 39 persen.

Namun, total capaian poin Eleven lebih tinggi. Ini dikarenakan tembakan tiga poin mereka sedikit lebih mujur dibanding Rajawali. Dari 30 kali kesempatan, Eleven berhasil menembakkan 8 kali tripoin. Sedangkan Rajawali hanya bisa menceploskan satu kali tembakan tiga poin.

Selain sama-sama ganas dalam serangan, dua tim ini juga pandai dalam memanfaatkan kelemahan satu sama lain. Baik Rajawali maupun Eleven sama-sama mengemas 29 poin dari hasil turnover lawan. Total sebanyak 44 kali turnover dilakukan oleh Rajawali, sedangkan Eleven lebih sedikit dengan 30 kali turnover.

Tiga pemain Eleven menjadi tumpuan tim di laga ini. Mereka adalah Andi Ahmad, Muh Rafli, dan Muhammad Alif. Trio ini berhasil mencetak poin ganda kala membela timnya. Andi Ahmad moncer dengan torehan 32 poin. Disusul Rafli yang mencatat 28 poin, serta Alif yang nyaman dengan 10 poinnya.

Dari sisi lawan, Rajawali juga mempunyai pemain yang layak mendapat sorotan. Dia adalah Ryan Gunawan yang mencatat 33 poin dan 14 rebound. Hasil catatan statistik ini sekaligus membawa namanya menjadi top skor dan double-double di laga ini. Tak ketinggalan juga ada Ken Bryan. Guard nomor 13 Rajawali itu berhasil membungkus 12 poin dan 8 rebound. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY