ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Profile Honda DBL Indonesia All-Star 2022

Dhanny Harahap, Mantan Pemain Professional yang Kini Menjadi Pelatih All-Star

Rena Dwi Astuti - 04 June 2022

Dhanny Harahap, pelatih dari tim putri SMA Santo Albertus Malang, merupakan salah satu pelatih yang berhasil masuk dalam jajaran Honda DBL Indonesia All-Star 2022. Keseriusannya menukangi Putri Dempo membuahkan hasil manis.

Coach Dhanny sendiri pernah mewarnai liga profesional. Ia pernah memperkuat Aspac tahun 1997 hingga 2002. Bhinneka Sritex Solo jadi labuhan coach Dhanny di tahun berikutnya, sebelum ia memilih Bima Sakti Malang di tahun 2010 menjadi klub terakhirnya.

Saat memperkuat timnya saat itu, coach Dhanny pribadi menuai beberapa penghargaan. Ia sempat menjadi IBL All-Star di tahun 2006. Juga menyabet titel IBL Most Devensive Player di tahun yang sama.

Saat ini, coach Dhanny memilih untuk fokus menukangi putri Dempo. Bagi coach Dhanny, banyak faktor yang menjadi tantangan saat dirinya melatih tim putri Dempo. Terlepas dari kemampuan anak didiknya di lapangan, ia juga harus membentuk formula agar chemistry antar pemainnya bisa terbangun lebih awal.

“Melatih tim putri itu tricky. Kita bermain perasaan, kita bangun chemistry-nya pelan-pelan di awal. Setelah mereka punya trust, barulah saya kasih materi-materi latihan yang lebih berat. Itu coba saya pikirkan sejak awal melatih,” aku coach Dhanny.

Di tahun keduanya mengikuti Honda DBL Camp, coach Dhanny berhasil mewujudkan mimpinya terbang ke Amerika. Sebelumnya, coach Dhanny sempat mengikuti Honda DBL Camp di tahun 2017.

“Tahun 2017 lalu, saya pernah ikut DBL Camp juga, tapi tidak terpilih All-Star. Di tahun ini saya sangat senang bisa terpilih All-Star dan berangkat ke Amerika,” ungkapnya.

Saat disinggung mengenai materi yang didapat dari Honda DBL Camp 2022 ini, coach Dhanny mengaku banyak mendapat banyak ilmu baru dan pengalaman. Khususnya dari kelas-kelas yang diisi oleh coach Anthony Garbelotto.

“Ada banyak perbedaan dari Camp sebelumnya. Materi yang diberikan untuk pelatih-pelatih jauh lebih padat dan saya pribadi dapat banyak pengalaman. Materi itu jadi bisa dipakai untuk pembelajaran kita saat melatih anak-anak SMA,” ucapnya.

Coach Dhany melanjutkan, ia begitu terkesan dengan ilmu yang diberikan oleh pelatih NSH Mountain Gold Timika itu. Menurutnya, materi dari coach Tony bisa diterapkan dalam tim yang ia tukangi. “Coach Tony memberikan materi tentang sistem organisasi untuk tim basket. Penjelasannya tidak berliku-liku dan menekankan pada konsistensi,” jelasnya.

“Dia memberikan pakem-pakem melatih tim amatir dan menjawab pertanyaan yang kita butuhkan. Di setiap kelas, kita brainstorming dengan coach Tony, dan dia memberikan detail-detail yang terkadang kita miss saat melatih,” lanjutnya.

Putri Dempo sendiri berhasil melaju ke babak fantastic four Honda DBL 2021 East Java Series. Mereka berhasil ditundukkan oleh SMA Gloria 1 Surabaya dengan skor akhir 41-90. Di laga itu, Caitlyn Graciella jadi top skor di timnya. Ia menorehkan 20 poin dan 7 rebound. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY