ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Jordan Mintarza, pemain Honda DBL Indonesia All-Star 2022 saat bertanding membela tim putra Surabaya di Porprov Jawa Timur 2022

Cabang olahraga bola basket Surabaya berhasil menutup Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur 2022 dengan dobel emas. Tim basket putra dan putri berhasil mengawinkan gelar, Rabu 29 Juni 2022. Mereka tampil mendominasi sejak kuarter awal hingga tutup laga.

Tim putra Surabaya menang 70-42 atas Kota Malang. Menyusul keberhasilan tim putri yang lebih dulu membekuk Kabupaten Sidoarjo dengan skor akhir 69-33.

Di balik kemonceran tim basket Surabaya ini, ternyata terdapat peran pemain DBL yang masuk dalam jajaran Honda DBL Indonesia All-Star 2022. Total ada 6 pemain yang terdiri dari 3 pemain putra dan 3 pemain putri.

Baca juga: Hebat! Tim Basket Surabaya Kawin Gelar di Porprov VII Jawa Timur 2022

Dari sisi putra ada Cliffton Wijaya, Cliff Louis, dan satu-satunya peraih Wild Card yang menjadi All-Star tahun ini, yaitu Jordan Mintarza. Cliffton dan Cliff sendiri baru saja pulang dari Amman, Qatar seusai membela Indonesia bertanding di FIBA U16 Asian Championship.

Sedangkan tim putri diperkuat oleh Mellisa Erika, Evelyn Fiyo, dan Queenie Xaviera. Tiga nama ini sudah tidak asing lagi di kalangan pebasket muda Surabaya. Terlebih, Mellisa dan Evelyn sudah dua kali mendapat predikat Honda DBL All-Star.

Menanggapi kesuksesan ini, mereka turut buka suara. Cliffton Wijaya, pemain asal SMA St Louis Surabaya menuturkan bahwa hasil manis ini merupakan buah dari kerja kerasnya bersama tim.

Cliffton Wijaya, pemain Honda DBL Indonesia All-Star 2022 saat bertanding membela tim putra Surabaya di Porprov Jawa Timur 2022

“Yang pasti hasil ini bikin aku senang dan bangga,” ujarnya. “Kita bisa senang-senang, berjuang, menghadapi suka dan duka bersama-sama. Itu pengalaman paling berkesan buatku selama tanding di Porprov ini.”

Hal yang sama juga diamini oleh Evelyn Fiyo, pemain asal SMA Nation Star Academy Surabaya. “Akhirnya kita bisa mempertahankan gelar juara lagi. Walaupun sempat overthinking takut bermain jelek, tapi untungnya aku bisa mengatasi pikiran itu,” tukasnya.

Evelyn Fiyo, pemain Honda DBL Indonesia All-Star 2022 saat bertanding membela tim putri Surabaya di Porprov Jawa Timur 2022

Tidak hanya itu saja, pemain Honda DBL Indonesia All-Star 2022 itu juga mengungkapkan bahwa keberhasilan ini juga berkat pengalaman yang didapat saat mengikuti Camp. Mereka bisa menerapkan ilmu yang diberikan oleh pelatih semasa Camp berlangsung.

Itu disampaikan langsung oleh Jordan Mintarza, pemain asal Sinlui. “Dari camp kemarin ada ilmu yang saya selalu ingat sampai sekarang, yaitu membaca situasi. Seperti yang dikatakan Coach Dimaz, yaitu baca situasi dulu baru bereaksi,” jelasnya.

“Saat tanding di Porprov lalu, saya jadi playmaker yang memimpin teman-teman di lapangan. Ilmu itu sangat membantu saya buat lebih cerdik lagi,” lanjutnya.

Di laga final, tiga pemain All-Star putri yang membela Surabaya menyumbang total 38 poin, 17 rebound, dan 13 asis. Sementara dari tiga pemain putra lainnya menyetor total 13 poin, 24 rebound, dan 7 asis.

Keberhasilan tim basket putra dan putri Surabaya mengawinkan gelar di Porprov Jawa Timur 2022 ini juga menyusul kesuksesan mereka di tahun 2019. Saat itu, putra dan putri Surabaya juga tampil perkasa hingga merengkuh dobel emas. (*)

Foto: Perbasi Surabaya

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
TITLE PARTNERS
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS