ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo bertanding di SNBC 2022 SMAN 1 Gresik

Kompetisi Honda DBL 2022-2023 memberikan semangat tersendiri bagi sejumlah sekolah. Beberapa sekolah yang sempat tak bertanding dua tahun lalu, kini gelora berliga di ajang DBL kembali berkobar. Semangat tinggi ini yang datang dari SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo.

Setelah dua tahun tak berlaga di DBL, Mussan – sebutan SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo itu justru membawa gebrakan baru dari pelatih anyar. Coach Akhmad pelatih yang baru menaungi Mussan tahun ini merasakan excited dan siap nahkodai anak didiknya di Honda DBL 2022-2023.

Mantap berlaga di Honda DBL 2022-2023 terlihat dari riwayat mereka bertanding di beberapa kompetisi sebelumnya. Pada tahun ini saja, SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo aktif mengikuti beberapa pertandingan. Beberapa di antaranya UMG Basketball League (UBL) di Universitas Muhammadiyah Gresik, SMALA Cup, dan SNBC 2022 di SMAN 1 Gresik.

Keaktifan mereka tentu membuahkan hasil. Berpartisipasi di beberapa kompetisi membawa mereka lebih siap berlaga di Honda DBL 2022-2023 Agustus nanti. Bahkan mereka sempat membawa predikat runner up di UBL yang menambah kepercayaan diri roster Mussan.

Meski demikian coach Akhmad masih terus mempersiapkan secara optimal tim Mussan. Dua yang menjadi bagian yang masih terus dipoles adalah mengatasi demam panggung dan komunikasi antarpemain.

“Meski sempat mengikuti berbagai ajang, demam panggung/nerveous tak bisa dipungkiri selalu terjadi pada mereka. Terlebih lagi nanti saat tanding di ajang terbesar seperti DBL,” 

“Cara mengatasi nerveous roster versi saya ada beberapa cara. Pertama sebelum bertanding saya kasih challenge, kedua bernyanyi jadi salah satu ampuh hilangkan grogi mereka.” jelasnya.

Memiliki tips unik hilangkan nerveous pemain menjadi pegangan coach Akhmad dalam berlatih. Dalam latihan rutin, dirinya juga memiliki strategi tersendiri untuk menyatukan komunikasi tim. Beberapa di antaranya memberikan challenge, bernyanyi, hingga melakukan grouping sebelum mulai latihan.

“Bagi saya komunikasi Mussan menjadi bagian yang masih terus dipoles. Di luar memang mereka akrab dan kompak, tapi lain hal jika sudah di lapangan. Sangat minim komunikasi. Maka dari itu jika saat berlatih ada salah satu tim yang minim komunikasi, saya akan memberikan punishment berupa push up,” tuturya.

Jelang kompetisi Honda DBL 2022-2023 Mussan sendiri menjadwalkan latihan seminggu dua kali. Persiapan yang dikerahkan diklaim sudah mencapai 70 persen. Sempat unggul 23-20 atas SMA ST Louis 2 Surabaya pada 2019 lalu membuat Mussan tak melambung. Coach berharap target awalnya bisa lolos babak utama terlebih dahulu. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY