ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Pertandingan SMA Frateran Surabaya dan SMA St. Louis 1 Surabaya

Final Party Honda DBL with KFC 2022 East Java Series - North Region akan terjadi dalam hitungan jam. Dua sekolah terbaik di kategori putra siap berlaga pada Selasa, 20 September 2022. Mereka adalah SMA St. Louis 1 (Sinlui) Surabaya dan SMAN 2 Surabaya.

Sinlui melangkah mulus ke final setelah meredam SMA Frateran (Fratz) Surabaya di babak Fantastic Four. Meskipun begitu, pelatih Fratz coach Kencana Wukir, dan beberapa pemain andalannya menjagokan Sinlui di final nanti. Mereka bahkan mengagumi beberapa elemen permainan Daniel Nicholas Delin dan timnya itu. 

Menurut coach Kiki -sapaan akrab Kencana Wukir, kedua tim ini mengantongi materi yang oke banget. Ada beberapa pemain yang punya posisi dan skill yang sama. “Misalnya Cliff Louis akan matchup sama Elang Satria Rajendra. Lalu Daniel Nicholas Delin itu matchup sama kapten Smada (Andang Ramadhan),” ujar coach Kiki.

“Beberapa posisi hampir sama, matchup-nya juga sama. Terus defense-nya juga sama-sama full court press. Mereka juga sama-sama jago blocking. Yang jelas akan rame dan seru sih ini. Kalau offense mungkin yang tipenya berbeda," sambungnya.


Kencana Wukir, pelatih SMA Frateran Surabaya

Namun, menurut coach Kiki, ada satu yang perlu digaris bawahi. Yakni masalah mental. Pasalnya, track record lawan kedua tim di tiga babak sebelumnya cukup berbeda. 

Sinlui sudah bertemu sekolah dengan fast break yang ngeri, seperti SMA Gloria 1 hingga SMA Cita Hati East. Sementara, Smada belum banyak menghadapi tim dengan serangan penuh, meskipun mereka kemarin sempat dibuat kewalahan dengan SMAN 1 Waru pada laga semi final. 

“Menurut pandangan saya, karena kemarin tim saya lawan Sinlui, saya melihat Sinlui lebih siap. Kalau offense-nya Frateran dan Smada itu mirip. Nah kalau itu nanti kena gaya defense-nya Sinlui, Smada bisa kerepotan,” sambungnya. 

Meskipun begitu coach Kiki mengakui chemistry dan semangat dari rata-rata sekolah negeri, termasuk SMAN 2 Surabaya, seperti militan. Ia mengatakan, “Apalagi Frateran sempat ketemu Songo (SMAN 9 Surabaya) ketemu Libels (SMAN 15 Surabaya), mereka itu maju tok pokoke.”

Baca Juga: Kilas Balik: Asa Smada Wujudkan "Wayahe Juara"

Sama seperti sang pelatih, dua pemain Frateran, Michael Henry Laksmana dan Angelo Matthew, juga menjagokan Sinlui. Alasan keduanya hampir sama dengan sang pelatih. Karena Sinlui punya postur dan akurasi permainan yang tinggi. 

Sementara itu, Jovannes Friendly Kurniawan memandang final besok masih 50:50. Ia juga netral. Tak menjagokan siapa-siapa. Karena bagi Jovannes kedua tim sama kuatnya. 

“Kalau sinlui sih lebih ke strategi ya, kalau smada lebih ke tenaga dan energi, kalau untuk defense-nya sama sama kuat karena kita juga pernah berhadapan dengan Smada,” ungkap Jovannes. 

Baca Juga: Sinlui Menang (Lagi), Sinlui ke Final (Lagi)

Final Party Honda DBL with KFC 2022 East Java Series - North Region akan digelar Selasa, 20 September 2022. Tiket pertandingan esok hari sudah dapat dibeli di aplikasi DBL Play. Bagi kalian yang sedang berada di luar Surabaya, pertandingan final juga dapat disaksikan melalui live-streaming via Youtube DBL Play.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY