ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Coach Alvian dan Abraham Damar ketika memberikan tips melakukan lay up yang benar.

Lay up merupakan gerakan shooting yang wajib bisa dikuasai pebasket. Meskipun ini termasuk gerakan dasar, namun tak sedikit anak basket kerap melakukan kesalahan-kesalahan ketika melakukan lay up. Nah, pemain timnas Abraham Damar ngasih tips nih bagaimana melakukan gerakan lay up yang benar.

Menurut Abraham, lay up biasa diawali dengan gerakan tiga langkah ke depan mendekati ring. Lalu melompat ke atas dan memasukkan bola ke dalamnya. Biasanya lay up dilakukan di dalam wings area mendekati ring. Abraham tidak menyarankan melakukan lay up di awal di luar area wings atau three point area.

“Kalau melakukan step lay up dari luar garis tiga poin, risiko cidera tinggi dan kesempatan dibloknya lebih gede,” kata pemain yang ikut mengantarkan Indonesia meraih medali emas SEA Games 2021 di Vietnam itu. Secara garis besar, Abraham Damar memberikan tiga tips untuk berlatih lay up.

Dribble Dekat Ring

Lantaran lay up ini secara dasar membutuhkan gerakan tiga langkah, maka semakin bagus jika kalian berada di dekat ring. Dalam proses mendekat ke ring itu, kalian harus bisa melakukan dribble secaa sinkron.

Sinkron yang dimaksud di sini adalah ketika tangan kanan digunakan untuk dribble, maka kaki kirimu yang harus maju. Begitu juga sebaliknya. Tujuannya agar step yang kalian lakukan lebih gampang dan memudahkan ketika akan jump.

Finger Roll

Dalam melakukan lay up, seorang pemain harus memahami finger roll. Baik under hand maupun upper hand.

Under hand adalah memegang bola dan memberi dorongan dari atas ke bawah agar bola masuk ke dalam ring. Sedangkan upper hand adalah memegang bola dengan posisi di atas dan langsung memasukkanya ke dalam ring.

Finger roll ini dilakukan agar ketika melempar bola bisa lebih halus. Apalagi saat melakukan lay up pandangan kita ke atas, bukan ke depan. Jadi, ketika melakukan lay up mata kita harus terfokus pada ring.

Loncat ke atas bukan ke depan

Abraham Damar tidak pernah lelah mengingatkan bahwa dalam melakukan lay up loncatan harus dilakukan ke atas, bukan ke depan. Atau parahnya malah ke samping. Begitu juga dengan pandangan. Ketika sudah meloncat, maka mata harus fokus ke atas. Focus ke satu titik yaitu ring.

Okee buat kamu yang masih penasaran dengan tips dari Abraham Damar, boleh cek video Tricky Tricks di bawah ini.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY