ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

leading perimeter

Apasih Leading Perimeter itu? Perimeter adalah area keyhole atau 3 point shot tempat para offende shooting bola mereka. Artinya Leading Perimeter adalah suatu teknik dimana kita menguasai area perimeter dengan tujuan untuk mendapatkan bola hasil passing.

Gerakan ini tidak harus dilakukan di area Perimeter karena yang Namanya defender bisa mengahalangi kita dimana saja, lantas mengapa diberi nama Leading Perimeter? Karena aktif-aktifnya defender mengahalangi bola adalah saat kita ingin shooting dekat ring, yaitu area perimeter. Ini merupakan teknik offensive dimana ada 4 jenis Leading Perimeter menururt Tricky Tricks.

Perimeter Post up

Dalam permainan bola basket defender selalu ada untuk mencegah offender mencetak angka. Biasanya tangan defender akan terlentang mengahalngi Gerakan offender. Maka yang harus kita saat posisi kita sangat dekat dengan defender ialah pertama langkahkan satu kaki tepat ditengah kuda-kuda defender, setelah itu tangkis tangan defender dengan menjorokkannya kebawah, setelah itu segera putar badanmu membelakangi defender, barulah kamu bisa menerima passing bola.

Intinya dalam "Perimeter Post Up" ini kamu harus mengambil posisi defender yaitu membelakanginya agar dapat memperoleh passing bola. Tidak akan ada yang mau mengoper bola kearahmu jika kamu masih dikepung oleh defender dan tidak berusaha membuka ruang.

Face In and Spin

Hampir sama dengan Gerakan "Post Up" hanya saja ada tambahan Spin. Saat melakukan gerakan ini matamu hanya fokus kepada defender jangan biarkan defender teralihkan ke pemain yang membawa bola. Langkahkan kaki ditengah kuda-kuda defender, lalu lakukan spin, dan terima passing bola. Tidak seperti "Post Up" yang mengadalkan kekuatan dimana kamu harus menangkis tangan defender, yang dibutuhkan dalam "Face in and Spin" ini ialah kecepatan, seberapa cepat kamu bisa berputar membelakangi defender nantinya.

Untuk penjelasan lengkapanya kalian bisa menyaksikan episode Tricky Tricks yang satu ini.

V-Lead

Saat melakukan gerakan ini posisimu boleh berada di luar area keyhole yang terpenting tujuan utamamu ialah berjalan kearah defender untuk menyudutkannya dia area perimeter. Kalau kamu sudah merasa defender sudah tidak memiliki ruang untuk atau tersudut, maka segera tinggalkan defender dan berlari kearah bola yang akan di passing.

Tenang mungkin akan butuh waktu untuk defender mengejarmu karena kamu sudah menariknya cukup jauh, jadi kamu cukup leluasa untuk bergerak, HAHAHA. Saat kamu menyudutkan defender ke lapangan dan bergerak keluar terlihat seperti kamu membentuk huruf V. oleh sebab itu Gerakan ini desebut sebagai "V-Lead"

L-Lead

Hampir sama dengan "V-Lead" karena kalau di lapangan orang tidak akan tahu ini Gerakan V atau L karena bentuknya yang hampir sama. Kamu bisa berjalan santai saat melakukan Gerakan ini. Fungsinya masih sama dengan "V-Lead" yaitu untuk menyudutkan defender. Yang terpenting dari Gerakan ini endingnya harus ada Gerakan explosive. Misal jalan santai-santai aja kearah lapangan, nanti kalau liat bola langsung menghalang defender, berlari keluar, dan menerima passing bola.

Sama seperti "V-Lead", bedanya mulai dari kamu masuk hingga kamu keluar akan terlihat seolah kamu membentuk huruf L, oleh sebab itu Gerakan ini disebut sebagai "L-Lead". Terus apa yang terjadi kalau misalkan defender tidak terkecoh dengan kita? Bergerak ke belakang untuk menerima passing dari belakang agak kesamping defender. Tenang masih membentuk huruf L kok, keluar itu gak mesti harus dari depan, bisa dari belakang.

Yang terpenting dalam melakukan "Leading Perimeter ialah" kamu harus bisa baca situasi, kalian harus tahu kemana defender akan melangkah. Kalau misalakan defender memang niat untuk menghalangimu, maku lakukanlah Leading Perimeter ini. Kalau tidak? Ya sudah berarti tidak ada masalah, lapangan sangat luas untuk melakukan passing hingga shooting karena defender tidak aktif.

Untuk penjelasan lengkapanya kalian bisa menyaksikan episode Tricky Tricks yang satu ini. (*)

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
TITLE PARTNERS
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS