ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Kapolda Riau, Irjen Pol. Mohammad Iqbal saat memberikan piala untuk pemenang DBL Riau, SMAN 1 Pekanbaru, Jumat (20/1)

Kapolda Riau, Irjen Pol. Mohammad Iqbal mengejutkan gelaran Final Party Honda DBL with KFC 2022-2023 Riau Series, Jumat 20 Januari 2023. Pasalnya, ia datang diam-diam tanpa banyak pengawalan anak buahnya, untuk menonton partai final DBL Riau.

Iqbal hadir ketika pertandingan final putra antara SMAN 1 Pekanbaru kontra SMAN 1 Teluk Kuantan berlangsung. Alumnus Akpol 1991 itu hadir di tengah-tengah pertandingan karena ingin memberi dukungan langsung pada gelaran DBL di Riau Series.

Ia menyempatkan menonton pertandingan partai final putra. Bahkan, pria yang sukses dengan beragam inovasinya di kepolisian itu juga menyerahkan langsung piala dan medali kepada para pemenang. Di laga puncak, putra SMAN 1 Pekanbaru berhasil menang atas SMAN 1 Teluk Kuantan dengan skor 70-35.

Baca juga: First Genapkan Kawin Gelar Kelima di DBL Riau

Iqbal selama ini memang dikenal sebagai sosok polisi yang punya perhatian terhadap dunia olahraga. Saat menjabat Kapolrestabes Surabaya, Iqbal dikenal punya kedekatan klub sepak bola Persebaya, termasuk dengan para suporternya. 

Pun demikian di cabang olahraga basket. Tercatat itu selalu menyempatkan hadir di gelaran DBL. Di mana pun ia bertugas. Misalnya pada musim 2021 lalu, saat kompetisi digelar tanpa penonton. Iqbal juga hadir memberikan dukungan pada tim yang bertanding. Di sela itu, ia menyelipkan pesan imbauan agar para peserta selalu menjaga protokol kesehatan.


Irjen Pol. Mohammad Iqbal (kedua dari kiri) saat hadir menonton Final Party Honda DBL with KFC 2022-2023 Riau Series. 

Bukan hanya ketika menjadi Kapolda Riau. Iqbal juga sosok di balik suksesnya gelaran DBL Mataram musim 2021. Itu adalah gelaran DBL pertama kali setelah sempat hiatus akibat pandemi Covid-19.

Sebagai kompetisi pertama yang digelar saat pandemi belum mereda, tentu gelaran DBL Mataram musim 2021 harus digelar dengan sangat hati-hati. Iqbal-lah sosok yang terus mengawal perhelatan DBL Mataram bisa digelar dengan lancar dan aman. Saat itu Iqbal tercatat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB).

Baca juga: Putri First Raih Gelar Keenam di DBL Riau

Ditanya mengenai kedatangannya ke Final Party DBL Riau, Iqbal mengaku perlu mengapresiasi pelaksanaan DBL Riau musim ini. Terutama mereka yang sudah berjuang habis-habisan hingga bisa menginjakkan kaki ke final.

"Sangat luar biasa. Semua atlet, semua anak-anak kita menunjukkan kemampuan terbaik mereka. Tetapi memang SMAN 1 Pekanbaru lebih kuat dari SMAN 1 Teluk Kuantan. Saya kira layak untuk juara bertahan. Sudah 7 kali juara bertahan," ungkap Irjen Iqbal.

Iqbal berharap lewat gelaran kompetisi basket DBL, para remaja di Riau bisa menyalurkan bakat mereka di bidang olahraga, khususnya bola basket. Dengan begitu, akan tersaring para generasi muda berbakat dan berprestasi dari Riau yang kelak bisa mengharumkan nama daerah. Bahkan hingga level nasional dan internasional.

"Saya sangat mendukung pihak terkait dalam hal ini yang tergabung ke dalam DBL Riau. Karena pascapandemi kita memang perlu refresh lagi. Kompetisi seperti ini juga punya multiplier effect, ekonomi menggeliat. Kita lihat betapa ramainya kompetisi ini," ujarnya.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
TITLE PARTNERS
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS