ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Komunitas Keroncong SMA Pangudi Luhur

DIKENAL memiliki persaudaraan yang kuat, banyak Alumni SMA Pangudi Luhur (PL) yang memberikan sumbangsih kepada sekolah. Karena itu, sekolah membuat walk of fame yang berisikan nama alumni serta tahun angkatan sebagai apresiasi atas perhatian alumni kepada sekolah. Salah satu perhatian dari alumni PL adalah kegiatan bermusik. Sampai-sampai PL memiliki komunitas musik sendiri.

Nah, salah satu genre di komunitas musik PL yang lagi hype dan mencuri perhatian sekarang ini adalah musik keroncong. Fyi, ternyata komunitas kroncong ini udah eksis lebih dari satu dekade di PL. Sampai suatu ketika, saat sedang perfom di Honda DBL DKI Jakarta Series wilayah Selatan tahun lalu, mereka juga mencuri perhatian seisi GOR Bulungan. Mereka mendapat standing ovation dari para penonton.

Jadilah pada DBL Bajak Sekolah episode 10 kali ini, kita membahas eksisnya komunitas keroncong di SMA Pangudi Luhur. Sekolah yang berada di bilangan Kebayoran Baru, Jaksel itu merupakan salah satu dari sedikit sekolah yang punya komunitas musik keroncong.

Apa sih yang membuat komunitas keroncong PL ini eksis?

Hugo salah satu anggota komunitas mengatakan, dia ikut karena tertarik jadi bagian pelestari budaya daerah. “Pas SMP aku udah mau masuk SMA Pangudi Luhur. Karena memang pengin tergabung di komunitas keroncong ini,” ujarnya. “Aku pengin sekali melestarikan budaya daerah, biar musik daerah nggak termakan usia oleh tren musik zaman sekarang,” lanjut siswa kelas XII tersebut.

Bukan hanya siswa PL saja yang turut melestarikan budaya daerah ini. Para alumni pun masih peduli dengan salah satu peninggalan budaya Indonesia ini. Hal itu dibenarkan oleh pembina komunitas keroncong di SMA Pangudi Luhur, Agustinus Dwiharso. “Ini bukan cuma anak PL yang masih aktif saja. Beberapa alumni yang masih peduli atau apresiasi keroncong juga ikut main bareng kita ini,” cetus pria yang akrab disapa Ages Biola itu.

Selain komunitas musik keroncong, PL juga dikenal memiliki komunitas musik yang kuat. Para alumi SMA Pangudi Luhur pun banyak yang berkiprah di industri musik berkat terpaan khasanah permusikan di PL. Beberapa di antara alumni tersebut adalah DJ Dipha Barus dan DJ Winky Wiryawan. Meski beda generasi, saat SMA dulu mereka termasuk yang paling getol menghidupkan berbagai genre musik di SMA Pangudi Luhur.

Penasaran bagaimana kerennya anak-anak PL saat memainkan lantunan musik keroncong?  Tonton deh nih DBL Bajak Sekolah episode 10 sampe akhir!

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY