ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Kali kedua mengikuti DBL Camp, Cliff Louis pemain asal SMA St Louis 1 Surabaya, kembali berhasil menjadi KFC DBL Indonesia All-Star 2023. Pengalaman sekaligus pencapaian tertingginya di tahun terakhir duduk di bangku SMA.

Baca juga: Lengkapi Ilmu Kepelatihan di DBL Camp, Sani Wulandari Bawa Pulang Gelar All-Star

Gelar All-Star sendiri sudah dua kali tersemat di tubuh Cliff. Namun, ada yang berbeda dari titel pertamanya di tahun 2022 lalu. Cliff mengaku bebannya di tahun ini lebih berat. Tidak cuma tekanan dari diri sendiri, ia juga harus bertanggung jawab dengan hasil yang didapat usai digembleng selama sepekan di KFC DBL Camp 2023 lalu.

Ya, titel All-Star tidak diberikan kepada 24 pemain secara cuma-cuma. Mereka harus menunjukkan komitmen, perjuangan, dan pengorbanan untuk mendapatkannya. Setelahnya pun mereka harus bertanggung jawab.

Baca juga: Masuk Jajaran Pelatih All Star, Coach Bayu: Memang Impian Saya Ingin ke Amerika!

Berangkat ke Amerika Serikat adalah langkah awal mereka untuk memenuhi tanggung jawab itu. Mereka akan bertanding, berlatih, juga dibina lagi dengan pelatih dan pemain Top NBA di sana. Karena itu, tanggung jawab Cliff, menurutnya, menjadi dua kali lipat.

"Pasti punya pressure. Orang-orang pasti punya ekspektasi lebih karena aku udah dua kali All-Star. Jadi harus sadar diri saja, mainnya nggak boleh egois, harus tahu peran dalam tim seperti apa dan bagaimana bisa kerja sama dengan kawan," jelas Cliff.

Baca juga: Bukan dari Kota Besar, Coach Octa Siap Jadi Wakil Bitung ke Amerika Serikat

Kendati mengaku banyak tekanan yang ia terima, Cliff tidak menunjukkan kekhawatirannya. Sebaliknya, ia percaya diri dengan perkembangan kemampuan yang ia dapat dari dua kali pengalamannya menjadi All-Star.

"Menurutku, saat ini aku sudah bisa bermain jauh lebih tenang. Sudah lebih tahu apa yang coaches mau karena sudah ikut DBL Camp tahun lalu. Perkembangan terbesar memang dalam segi bermain, sih, jauh lebih tenang," tegasnya.

Baca juga: Masuk All Star, Orang Tua Sharkeenan: Sekolah Tetap Nomor Satu!

Honda DBL with KFC 2022-2023 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete berpotensi untuk diseleksi menjadi KFC Indonesia All-Star melalui KFC DBL Camp.

KFC DBL Camp 2023 dilangsungkan di DKI Jakarta untuk pertama kali. Pemusatan latihan basket pelajar terbesar se-Indonesia ini telah dilaksanakan pada 8 hingga 14 Mei di GOR Soemantri Brodjonegoro dan Grand Atrium Kota Kasablanka. (*)

Kenal lebih dekat para campers KFC DBL Camp 2023 dengan melihat halaman di bawah ini (pengguna Android bisa scroll halaman ini dengan lakukan double tap)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY