ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

BANDUNG - SMA Regina Pacis sukses mengakhiri Honda DBL West Java Series 2019 dengan catatan manis. Mereka berhasil comeback dan memenangkan laga super seru ketika melawan tim tuan rumah, SMAN 2 Bandung dengan skor tipis 76-70.

Sejak tip off Smunda dan Recis saling menunjukkan permainan terbaiknya. Ananda Evriansyah yang sempat membawa Smunda unggul hingga menit tiga. Namun Jerrel Susilo berhasil membalikkan keadaan semenit berselang. Permainan kedua tim cukup berimbang di kuarter pertama ini.

Di menit kedelapan, sang kapten Smunda, Satrio Jamhur berhasil menyeimbangkan keadaan. Namun lagi-lagi Jerrel Susilo berhasil membuat Recis kembali unggul. Di akhir kuarter pertama penonton berteriak histeris, lantaran tembakan buzzer beater dari Satrio Jamhur membuat timnya menutup kuarter pertama dengan keunggulan 13-11.

Kuarter dua baru berjalan 40 detik, Smunda berhasil menjauh lewat tembakan tiga poin dari Raisha yang melesat mulus. Smunda tampil makin panas di pertengahan kuarter dua. Beberapa kali tusukan dari Raisha dan Fikran berbuah poin. Total 17 poin berhasil dikumpulkan Smunda pada kuarter dua ini.

Sementara itu, Recis bermain penuh tekanan sebab gagal unggul di kuarter pertama. Nicholas Axel pun sempat mengancam pertahanan Smunda, namun lay up-nya di menit ke tiga berhasil diblok oleh Fikran. Sehingg Recis masih belum bisa mengejar ketertinggalannya di kuarter dua ini. Paruh pertama ditutup masih untuk keunggulan Smunda 30-21.

Permainan Recis dan Smunda semakin sengit memasuki kuarter tiga. Pasalnya, Recis yang dalam kondisi tertekan justru mampu tampil menyerang. Tembakan tiga poin dari Nicholas Axel menjaga asa Recis pada pertandingan ini. Namun Smunda tak tinggal diam, sang kapten, Satrio Jamhur yang bermain sejak menit awal kuarter ini mampu menjadi poros serangan Smunda.

Memasuki menit ketujuh, tensi permainan tambah tinggi. Sebab Recis mampu melakukan serangan dengan baik. Tembakan tiga poin dari Marvel Chrisfrans membuat margin ketertinggalan Recis hanya satu poin. Dan akhirnya Jerrel Susilo mampu membalikkan keadaan berkat shoot-nya di dalam paint area yang menghasilkan dua poin.

Semenit kemudian Jerrel membawa Recis menjauh ketika tembakan tiga poinnya yang tak mampu digagalkan pertahanan Smunda. Skor 41-49 berbalik untuk Recis.

Smunda coba mengubah pola permainan mereka di sepuluh menit terakhir pertandingan. Penerapan pola man to man defense full court berhasil mengejar ketertinggalan mereka. Menit pertama, Smunda mencetak enam poin lewat Fikran, Raisha dan Rio. Berbagai upaya dilakukan pasukan Smunda untuk bisa merebut kembali keunggulannya, namun terhalang oleh ngototnya permainan Recis.

Memasuki lima menit akhir, perjuangan Recis dalam mempertahankan keunggulan makin berat. Salah satu pemain mereka, Revaldo Alexander harus keluar lapangan pertandingan akibat foul out. Dua menit berselang, giliran Justin Haryanto, guard Smunda yang harus menerima foul out.

Suasana makin tegang saat pertandingan menyisakan satu menit lagi. Kedua tim suporter pun dibuat deg-degan dengan tiap serangan dari sang lawan. Satu menit yang panjang bagi Recis untuk bisa menahan gampuran dari Smunda. Meskipun Smunda berhasil menambah tiga poin lewat Raisha di sepuluh detik akhir. Namun belum bisa mengejar ketertinggalan mereka. Sehingga Recis mampu keluar sebagai juara.

Keberhasilan RecisĀ comeback meskipun sempat tertinggal 13 poin tak bisa dilepaskan dari peran Jerrel Susilo. Center Recis itu sangat berpengaruh untuk keseimbangan timnya dalam menyerang dan bertahan. Dengan torehan 21 poin, 20 total rebounds, dan 2 kali steals, ia mampu menorehkan double-double di laga final.

Rasa haru tak bisa dibendung coach Fajar Maulana usai buzzer dibunyikan. Ia sangat bangga dengan permainan dan perjuangan timnya mulai awal hingga mencapai juara. Ini merupakan akhir penantian panjang bagi Recis yang terakhir lolos final pada 2014 namun kala itu belum bisa meraih champion.

"Tadi sempet tertinggal dan saya katakan, kalau mau juara fokus. Dan akhirnya mereka bisa mengerti apa yang saya harapkan. Terima kasih pada pemain, sekolah, dan suporter atas gelar ini," tutup coach Fajar.

Hasil lengkap statistik dan profil pemain pada pertandingan ini, klik di sini.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY