ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Campers Honda DBL Camp 2019 saat lakukan ice bathing pasca latihan. (dok. DBL Indonesia)

Ice bathing atau mandi es adalah hal paling segar yang biasa dilakukan oleh atlet seusai menjalani pertandingan atau latihan basket intensif. Mandi es sendiri diketahui sebagai salah satu teknik terapi di mana seseorang berendam dalam bak es.

Mandi es juga menjadi salah satu program healing untuk student athlete DBL setelah melalui musim 2022-2023 yang begitu padat. Ditambah latihan intensif di luar kompetisi. Mandi es dapat menjadi solusi untuk mempercepat recovery tubuh kalian pasca latihan.

Eits, tapi kalian nggak bisa sembarangan melakukan ice bathing, lho. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kalian terjun dalam bak es. Apa saja hal-hal yang harus kalian penuhi sebelum melakukan ice bathing? Berikut penjelasannya!

Lakukan Hanya 15 Menit Saja

Erin Pereira, seorang ahli terapi fisik dari Athletico Physical Therapy di Illinois, Amerika Serikat mengingatkan air yang digunakan untuk mandi es dalam keadaan bersih dan dalam suhu 10 sampai 15 derajat Celsius. Selain itu lakukan hanya selama 15 menit aja. 

Ketika kalian mandi es, pastikan juga bagian kepala tidak ikut terendam. Setelah itu, hangatkan tubuh selepas mandi es usai.

Rentang Waktu 1-2 Kali dalam Seminggu

Hal lain yang harus kalian perhatikan sebelum mandi es adalah jangan lakukan mandi es terlalu sering. Kalian bisa mandi es sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu untuk menyegarkan tubuh dan membantu recovery otot kalian setelah latihan intens.

Jangan Lakukan Ice Bathing Ketika Otot Kaku & Tegang

Sebelum melakukan mandi es, pastikan otot tubuh kalian tidak tegang. Hindari juga mandi es setelah kalian strength conditioning. Sebab, hal itu justru akan menghambat pertumbuhan otot. Lakukan mandi es setelah otot kalian lemas agar pemulihan bisa berjalan dengan optimal.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY