ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Jersei basket merupakan salah satu elemen penting dalam dunia olahraga. Juga pada olahraga bola basket. Seiring berkembangnya waktu, inovasi berupa jersei akhirnya diresmikan sebagai identitas dari masing-masing tim saat berlaga.

Adapun inovasi paling menonjol adalah pembuatan jersei basket tanpa lengan. Apakah kalian pernah memikirkan sebelumnya, alasan di balik pembuatan hal tersebut? Mengapa jersei basket dibuat sedemikian rupa? 

Baca Juga: Menilik Sejarah Bola Basket Dunia

Tak perlu berlama-lama lagi, berikut penjelasannya berdasarkan manfaat dan keunggulannya:

1. Kenyamanan dan Mobilitas

Salah satu alasan utama di balik desain tanpa lengan pada jersei basket adalah meningkatkan kenyamanan pemain dan memungkinkan mobilitas yang lebih baik. Dengan tidak adanya lengan pada jersei, maka pemain basket dapat lebih bebas bergerak tanpa hambatan.

Desain ini memungkinkan pemain untuk melakukan passing, dribble, dan gerakan lainnya dengan lebih efisien. Selain itu, desain tanpa lengan juga memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik, membantu mengurangi kelembapan dan menjaga suhu tubuh pemain agar tetap optimal selama pertandingan.

2. Identifikasi Tim dan Keunikan

Jersei basket dari masing-masing tim kerap disajikan dengan berbagai desain yang unik dan mencolok. Hal ini membantu seluruh elemen dalam membedakan antartim dengan menciptakan identitas yang kuat. 

Desain yang kreatif dan mencolok biasanya punya makna yang menggambarkan semangat, serta kepribadian tim. Tidak jarang juga menarik perhatian penonton. Selain itu, jersei tanpa lengan juga memberikan kesan modern dan atraktif, yang sesuai dengan perkembangan tren desain dalam dunia olahraga.

3. Pengurangan Berat dan Keringat

Jersei tanpa lengan biasanya terbuat dari bahan yang ringan dan memiliki teknologi penyerapan keringat yang baik. Hal ini cukup membantu dalam mengurangi berat dan ketebalan jersei. Sehingga pemain tak merasa terbebani selama pertandingan. 

Teknologi penyerapan keringat juga membantu menghilangkan kelembapan dari tubuh pemain. Tak hanya itu, teknologi penyerapan keringat juga dapat menjaga kenyamanan dan mencegah terjadinya masalah kulit yang disebabkan oleh keringat berlebih.

4. Fleksibilitas Desain

Desain jersei tanpa lengan juga memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam hal branding dan sponsor. Hal ini memang jarang terjadi pada lingkup SMA, namun di liga profesional akan sering ditemukan branding dan sponsor.

Bagian lengan jersei biasanya digunakan untuk menampilkan logo sponsor. Dengan menghilangkan lengan, maka ruang branding yang tersedia bakal lebih besar. Yakni pada bagian depan dan belakang jersei. 

Hal tersebut memberikan kesempatan bagi tim atau sponsor untuk menampilkan merek mereka dengan lebih menonjol dan efektif, serta meningkatkan nilai komersial dalam industri olahraga. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY