ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Behind The Beat

Musik menjadi salah satu instrumen yang paling akrab dengan manusia sejak masih berbentuk zigot hingga dilahirkan ke dunia, apalagi saat memasuki masa remaja.

Musik dan generasi muda seakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Inilah yang mendasari DBL.id meluncurkan rubrik baru bertajuk ‘Behind The Beat’. Sebuah rubrik yang akan bercerita mengenai pengaruh musik pada generasi muda.

Musik seringkali menjadi media bagi anak muda untuk menemukan jati dirinya. Musik juga memainkan peranan penting dalam pembelajaran, cara berekspresi, dan komunikasi. Tidak berhenti di situ, musik adalah penggambaran kebebasan berekspresi sesungguhnya.

Kebebasan berekspresi adalah hal yang memang seharusnya dimiliki anak muda. Dengan musik, mereka bebas bermimpi dan seakan memberi pengertian kepada generasi muda bahwa mereka bisa menjadi apa saja di kehidupannya.

Generasi muda perlu kebebasan untuk bermimpi. Layaknya kata-kata dari Bung Karno, “Bermimpilah setinggi langit, maka jika terjatuh, kau akan akan terjatuh di antara bintang-bintang".

DBL merasa bahwa musik dan olahraga adalah aspek yang bisa menyelamatkan generasi muda dari hal-hal negatif. Olahraga dan Musik dipandang sebagai salah satu media positif untuk mengembangkan potensi generasi muda.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Royal Phiharmonic Orc membeberkan kenapa musik bagus untuk generasi muda. Musik bisa membantu seseorang untuk kreatif, mengajarkan cara berkomunikasi, mengajarkan kesabaran, meningkatkan kepercayaan diri, dan meningkatkan kedisplinan.

Behind The Beat akan menjadi rubrik yang bercerita musik secara tidak langsung mempengaruhi psikologis, style of play, dan mental seseorang . Jika kalian bertanya, lalu apa hubungan musik dengan olahraga, khususnya basket?

Jenny Merkell dari National Center  penah melakukan penelitian mengenai hal ini, Musik bisa meningkatkan performa seorang atlet. Baik di pertandingan maupun latihan. Kita seringkali melihat pemain NBA ketika menjelang pertandingan selalu mengenakan headphone atau earphone.

Lebih lagi, musik juga mempunyai berpengaruh pada psikologis seorang atlet. Ada yang mendengarkan musik yang bisa menenangkan suasana hati, namun ada juga musik yang berguna untuk meningkatkan semangat dan memompa adrenalin, seperti musik rock, metal, dan sejenisnya.

Lebih jauh lagi, musik bahkan bisa mempengaruhi style of play ketika bermain basket. Jadi nantikan cerita Behind The Beat di DBL.id. (kvn)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY