ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Raffli Qori merupakan pelatih dari SMKN 6 Palembang. Dirinya mampu membawa nama SMKN 6 Palembang kembali menyambangi Honda DBL with Kopi Good Day 2023 South Sumatra Series setelah hiatus lebih dari enam musim lamanya.

Namun tidak asing rasanya saat mendengar nama dari coach Raffli. Ternyata ia merupakan alumni yang pernah membela SMAN 14 Palembang. Melalui ini, ia menceritakan perjalanannya dari pemain basket hingga akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang pelatih. 

Coach Raffli tamat dari SMAN 14 Palembang pada tahun 2016. Sejak tamat dari sekolah, dirinya mengaku telah mendapatkan tawaran dari pelatih basketnya saat SMA untuk mengambil lisensi kepelatihan. 

"Tapi waktu itu saya belum percaya diri," ujarnya.

Lalu di tahun 2017, coach Raffli memantapkan niatnya untuk bergabung menjadi asisten coach di SMKN 6 Surabaya. Di sinilah ia mulai mempelajari dan mendalami ilmu kepelatihan. 

"Jadi singkat cerita waktu itu coach Pebby Zen (pelatih SMKN 6 Palembang) berhenti untuk mengajar basket dan akhirnya diteruskan kepada saya. Tapi saya mulai melatih resmi itu di tahun 2022 dan 2023," tandasnya. 

Baca Juga: Coach Hadida Smariduta: Sudah Unggul Jauh, Apalagi yang Dikejar?

Coach Raffi juga mengungkapkan alasan yang semakin membulatkan tekadnya untuk menjadi pelatih di SMKN 6 Palembang. Yap, dirinya ingin mematahkan persepsi yang selama ini ada.

"Karena saya dapat banyak cerita kalau sekolah ini sering diremehin 'cuman sekolah masak mana bisa main basket'. Saya ingin kasih lihat kalau SMK juga bisa," ujarnya. 

Namun coach Raffi menyadari bahwa ini merupakan tugas yang tidak mudah untuknya. Butuh proses yang cukup panjang bagi timnya untuk dapat bersaing dengan sekolah-sekolah yang telah memilki jam terbang lebih banyak. 

"Tapi saya yakin, tidak ada proses yang akan mengkhianati hasil," tambahnya. 

Meski timnya harus menerima kekalahan pada gim pertama di musim ini, coach Raffi tidak meredup. Menurutnya ini merupakan awal dari perjuangan timnya. Dirinya juga semakin terlecut untuk berbenah dan kembali dengan persiapan tim yang lebih baik lagi di musim depan. 

Sebagai Alumni dari SMAN 14 Palembang, coach Raffi mengaku tetap memiliki hubungan yang baik dengan almamaternya itu. "Bahkan kami sering latihan antara dua sekolah ini. Karena kebetulan pelatih SMAN 14 Palembang sekarang juga teman seperjuangan saya saat DBL 2014 silam," pungkasnya. 

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 digelar di 30 kota dan 22 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 juga menampilkan Pond's Men 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY