ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Drama terjadi pada laga ketiga opening party Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Series - South Region antara SMA Kolese Gonzaga Jakarta kontra SMAN 8 Jakarta (Bukit Duri). Pada detik-detik terakhir jelang bubaran, wasit memutuskan Gonzaga mendapatkan tiga free throw setelah ditinjau menggunakan Instant Replay System (IRS).

Semula, Bukit Duri berhasil membalikkan keadaan di 10 detik akhir lewat satu tembakan gratis dari Christian Daniel (21-20). Defensive rebound dari Immanuel Bimosetya bagai lonceng kematian bagi Bukit Duri di detik setelahnya.

Gonzaga yang berusaha membuka peruntungannya di detik-detik krusial itu dengan serangan balik. Mereka justru mendapat hadiah tiga tembakan gratis. Di saat yang bersamaan, wasit juga menjatuhkan technical foul untuk Bukit Duri, yang membuat Gonzaga mendapat satu tembakan gratis tambahan. Total ada empat tembakan gratis didapat oleh Gonzaga.

Thierry Jaeden Christian Napitupulu berhasil mengeksekusi dua dari empat tembakan gratis menjadi poin yang berujung pada kemenangan dramatis Gonzaga dengan skor akhir 22-21, Kamis 12 Oktober 2023.

Bukit Duri pada awalnya mendominasi jalannya pertandingan, kepemimpinan mereka bahkan berlangsung hingga kuarter ketiga usai. Namun, Gonzaga yang menolak kalah pada laga perdana berusaha bangkit dan memberikan ancaman serius bagi Bukit Duri.

Baca juga Tampil Dominan, Clea Andrienne Antar Putri Gonzaga Bungkam Limau!

Pundi-pundi poin berhasil tercipta, jarak antara Gonzaga dengan Bukit Duri hanya terpaut satu angka. Hingga pada akhirnya Gonzaga mendapatkan empat tembakan gratis yang dua di antaranya berhasil dikonversi menjadi poin oleh Thierry Jaeden Cristian. Dua poin tersebut sukses membawa Gonzaga keluar dari kekalahan.

Teknologi Instant Replay System (IRS) sendiri adalah terobosan yang dihadirkan DBL Indonesia. IRS sudah digunakan pada gelaran DBL DKI Jakarta Series sejak tahun 2018.

"Kami menyediakan infrastruktur ini supaya membantu pertandingan berjalan dengan baik," ujar Donny Rahardian, wakil direktur DBL Indonesia.

Mengacu pada FIBA Rules Basketball 2022, wasit boleh menggunakan IRS bila dirasa perlu. Untuk memastikan sebuah keputusan benar atau tidak, dan tanpa jumlah maksimal permintaan.

"Sejak 2018, untuk penyelenggaraan Seri DKI Jakarta kami menghadirkan teknologi IRS untuk membantu wasit dalam membuat keputusan yang tepat pada setiap pertandingan. Pada laga ketat SMA Kolese Gonzaga versus SMAN 8 Jakarta tadi salah satu contoh, pentingnya penggunaan teknologi IRS," lanjut Donny.

Sementara itu, Jaeden menuturkan bahwa kemenangan kali ini merupakan pembuktian bagi Gonzaga, sebab mereka selalu kalah pada pertandingan perdana sejak edisi 2021 silam. Ketika menjadi eksekutor free throw di waktu-waktu akhir laga, Jaeden teringat momennya saat latihan. Ia kerap mendapat hukuman dari Hardimas Setia Perdana jika Jaeden gagal membuat poin.

"Waktu diminta free throw, gue teringat waktu latihan. Kalau misalkan gue gabisa setidaknya setengah dari free throw yang didapat pasti bakal dihukum sama coach. Jadi gue gamau dihukum dan membuktikan kemampuan gue," ujar Jaeden.

Dipercaya menjadi eksekutor free throw di waktu krusial ternyata tidak membuat Jaeden tertekan, Ia berusaha menenangkan dirinya. Lebih lanjut, ia menyebut pengalamannya dalam bertanding di berbagai turnamen telah membentuk mental dan ketenangan dalam bertanding.

Baca juga Muhammad Fathir Moncer! Bawa Putra Tebet Timur Kandaskan Daha

"Gue nenangin diri sebelum free throw tadi, mungkin karena udah adanya pengalaman di turnamen-turnamen lain jadinya semakin ngerti gimana caranya ngatur mood dengan baik," ujarnya.

Meski sempat tertinggal atas Bukit Duri, Jaeden mengaku tidak khawatir dengan keadaan tersebut. Baginya, segala sesuatu bisa terjadi di pertandingan sehingga Gonzaga harus terus berjuang hingga pertandingan usai.

"Bola itu bundar, apapun bisa terjadi jika masih ada waktu," tutup Jaeden dengan tegas. (MRS)

Statistik lengkap pertandingan ini bisa klik di sini atau cek halaman di bawah ini (pengguna Android bisa scroll dengan dobel tap)

Saksikan siaran ulang pertandingan ini melalui livestream di bawah

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY