ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

“Basket Kaltim sedang sangat-sangat berbenah.” Begitulah kata Barikh Bill Kautsar, pelatih SMAN 15 Surabaya yang ditunjuk sebagai peracik strategi untuk srikandi Kalimantan Timur (Kaltim) pada ajang Pra Pekan Olahraga Nasional (Pra-PON) 2024.

Tidak mudah memang menahkodai tim dengan wadah yang jauh dari kata cukup. Bahkan coach Barikh menyebut bahwa gap yang terjadi antara tim Kaltim dengan beberapa tim di daerah cukup signifikan.

"Gap pengetahuan sebenarnya tidak jauh, tapi fokus dalam pengembangannya yang masih berbeda. Kalau kita melihat, di Surabaya itu banyak pemain yang mencari prestasi, tapi developmennya masih terurus. Kalau di sini saya lihat fokusnya mereka untuk menang, bukan mengajarkan pemain untuk jago," ucapnya.

Dalam waktu kurang lebih tiga pekan bersama skuad Kaltim, tak banyak yang bisa dilakukan olehnya. “Dengan waktu yang terbatas ini, saya hanya dapat memaksimalkan apa yang ada. Karena mengajarkan detail per titiknya itu sulit banget,” kata coach Barikh.

Baca Juga: Jadi Pelatih Kaltim di Pra-PON 2024, Coach Barikh Apresiasi Antusiasme Pemain

“Bahkan yang saya berikan ke mereka bukan hal rumit sebenarnya, tapi hanya detail kecil yang sempat mereka lewatkan selama prosesnya. Mulai dari cara bermain tim, positioning, dan spacing. Hal itu seharusnya membantu proses mereka tapi malah ke skip,” imbuhnya.

Meski terjadi ketimpangan yang cukup jauh, namun coach Barikh justru yakin bahwa dalam beberapa tahun ke depan, Kaltim bakal menjadi momok yang mengerikan. “Saya apresiasi keinginan mereka untuk belajar itu besar banget,” singkatnya.

“Namun, semua balik pada daerah masing-masing. Kalau mau mengembangkan basket ya harus diawali dengan bagaimana cara pengembangannya, bukan cuma mau cari menang. Basket punya banyak perspektif, tapi kehadiran saya di sini semoga bisa membawa warna baru,” lanjut coach Barikh.

Barikh

Pada akhir sesi wawancara, pelatih yang terpilih sebagai Kopi Good Day First Team 2023 seri Jawa Timur itu kembali menambahkan bahwa Kaltim punya banyak pemain berbakat. 

“Sebenarnya Kaltim punya semuanya. Hanya saja harus menentukan jalan yang pas dan cocok buat mereka. Intinya saya yakin, dalam waktu dekat Kaltim siap bersaing,” tegas pelatih berusia 28 tahun itu.

Baca Juga: Bench Talk: Lika-liku Ahmad Shafwan Hampir Dicoret dari Kartu Keluarga

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 digelar di 30 kota dan 22 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 juga menampilkan Pond's Men 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Profil pelatih ini bisa dilihat di halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY