ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Meskipun gagal menembus Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumut, Barikh Bill Kautsar mengaku terkesima dengan minat belajar tinggi dari skuad putri Kalimantan Timur (Kaltim). 

Pria berusia 28 tahun itu datang jauh dari Surabaya dan ditunjuk untuk menahkodai skuad Kaltim pada babak kualifikasi Pra-PON 2024. Hal itu tentu bukan tanpa sebab. Mengingat coach Barikh berhasil dinobatkan sebagai Kopi Good Day First Team seri Jawa Timur.

Kesempatan itu diperoleh saat membela SMAN 15 Surabaya di ajang Honda DBL with Kopi Good Day 2023 East Java Series-North Region. Tak hanya itu, dirinya juga meraih sederet prestasi bersama BBM CLS Knights Surabaya. 

Menjadi salah satu pelatih terbaik Jawa Timur ternyata bukan jaminan untuk bisa membawa srikandi Kaltim lolos ke PON 2024. Pasalnya coach Barikh harus merasakan lika-liku yang luar biasa.

“Saya baru dihubungi oleh pihak Kaltim tanggal 15 September dan dua hari setelahnya saya langsung bertolak ke Samarinda. Waktu sampai di sana, sudah tak ada proses seleksi. Jadi timnya sudah kebentuk tapi memang pola bermainnya masih belum terarah,” katanya.

Baca Juga: Bungkam Komentar Negatif, Aviva Maharani dan Skuad Sulsel Tembus Pra-PON 2024

“Karena waktunya sangat singkat, jadi cuma kasih cara bermain yang ideal dan pandangan lain tentang basket, karena gap tentang pengetahuan basket di sana bisa dikatakan masih agak kurang, masih tertinggal," sambungnya.

Hanya dalam waktu dua minggu saja coach Barikh harus memutar otak guna merancang strategi demi mencapai hasil maksimal. Mengingat gelaran Pra-PON 2024 sendiri digelar pada 1-8 Oktober 2023 lalu.

Sayangnya, coach Barikh gagal membawa nama Kaltim lolos ke PON 2024 Aceh-Sumut. Hal itu dipastikan setelah menelan kekalahan atas Papua Barat, DI Yogyakarta, dan DKI Jakarta pada fase grup.

Skuad KaltimPotret Coach Barikh (paling kiri) bersama skuad Kaltim

Walau demikian, coach Barikh mengaku sangat terkesima dengan minat belajar dari skuad Kaltim. “Pada akhirnya yang saya garis bawahi di sini bukan tentang kesulitan memperkecil gap yang terjadi, namun justru saya mendapat pengalaman baru,” ucapnya begitu antusias.

“Karena mereka harus belajar tentang pemahaman yang saya punya, begitupun sebaliknya. Saya harus bisa membaca apa yang mereka butuhkan dan juga sebaliknya. Tapi yang harus saya apresiasi, keinginan mereka untuk belajar untuk besar banget,” imbuhnya.

“Dengan waktu yang terbatas ini, saya hanya dapat memaksimalkan apa yang ada. Karena mengajarkan detail per titiknya itu sulit banget. Namun, saya yakin Kaltim sedang berbenah. Tinggal menunggu saja. Dalam waktu dekat mereka bakal siap bersaing,” tutupnya dengan menggebu-gebu.

Baca Juga: Gagal Bawa DIY Lolos PON 2024, Rayhan Anundra Simpan Rasa Kecewa

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 digelar di 30 kota dan 22 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 juga menampilkan Pond's Men 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Profil pelatih ini bisa dilihat di halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY