ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Opening party rasa final terjadi di Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Championship Series pada pertandingan antara tim putra SMA Al-Izhar Pondok Labu (AIPL) kontra SMA Kolese Kanisius Jakarta, Kamis 2 November 2023.

Pertarungan sengit ditunjukkan oleh kedua tim di laga perdana mereka. AIPL yang memimpin pertandingan sejak kuarter pertama harus menerima pukulan balik dari Kanisius di kuarter kedua. Kendati demikian, AIPL mampu untuk memegang keunggulan dan menang dengan skor akhir 42-36.

Baca juga: Link Livestreaming DBL Jakarta Championship Series: Perburuan Gelar Dimulai!

Sejak awal, AIPL tampil tangguh dengan keunggulan 17-8. Kanisius mengecilkan jarak di kuarter kedua lewat tambahan 13 poin. Hasilnya, mereka mampu memimpin pertandingan ketika kuarter ketiga ditutup (33-27). 

Pertandingan kian sengit ketika memasuki kuarter pamungkas. AIPL tak ingin kehilangan kesempatan untuk melaju ke babak berikutnya. Mereka sukses membungkam Kanisius lewat permainan solid.

Meski begitu, AIPL sendiri masih meninggalkan catatan. Lengahnya penggawa AIPL di kuarter kedua dan ketiga menjadi sorotan bagi pelatih. Hal itu pula yang membuat Fakhri Putra Afrinaldi, penggawa AIPL, merasa tak puas dengan performa timnya.

"Gugup semua mainnya. Jadi nggak lancar offensenya, defensenya juga gak rapih. Makanya kuarter kedua sampai ketiga itu skornya gak jauh. Ditambah ramai suporter juga, jadi gak bisa main tenang. Semuanya grogi," jelas Fakhri.

Baca juga: Kriza Petik Kemenangan Pertama Atas Dust, Joanne: Masih Grogi!

Mental pemain memang menjadi sorotan bagi anak-anak AIPL dari laga ini. Pertandingan yang melelahkan ini tak ditampik oleh Fakhri begitu menguras tenaga dan mental mereka.

"Memang kalau bermain dengan lawan yang berat dan suasana pertandingan yang ramai, mental itu paling penting. Harus terus-terusan dilatih dengan banyak pertandingan, jadi terbiasa. Kita juga harus berusaha main tenang," tutup Fakhri.

Di pertandingan selanjutnya, AIPL masih harus menunggu pemenang antara tim putra SMA Bukit Sion Jakarta melawan SMAN 91 Jakarta. Sementara Kanisius akan melawan tim yang kalah dari pertandingan tersebut di lower bracket.

Di tahun ini, DBL Jakarta Championship Series menggunakan sistem double elimination dengan pembagian bagan kiri (left bracket) dan bagan kanan (right bracket). Di sistem double elimination ini, setiap tim memiliki dua kesempatan untuk bisa terus melaju ke babak selanjutnya. Jika tim sudah mengalami kekalahan sebanyak dua kali, maka akan tersingkir. 

Babak Championship Series sendiri akan berlangsung pada 2 hingga 8 November di GOR Soemantri Brodjonegoro. Sedangkan Final Party DBL Jakarta Championship Series akan digelar di Indonesia Arena pada 17 November 2023 mendatang.

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 digelar di 30 kota dan 22 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 juga menampilkan Pond's Men 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.(*)

Statistik lengkap pertandingan ini bisa klik di sini atau cek halaman di bawah ini (pengguna Android bisa scroll dengan dobel tap)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY