ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

MALANG - SMAN 1 Blitar berhasil menangi derbi Blitar pada pertandingan semifinal hari ini. Melawan SMAN 3 Blitar, mereka berhasil menang dengan skor tipis 66-65. Kemenangan ini terkunci setelah Nirwana Shinta Anggely Maharani  tembakan free throw-nya melesak mulus di empat deitk terakhir laga.

Smasa Blitar-sebutan SMAN 1 Blitar- Sendiri tertinggal 13-25 di kuarter pertama. Permainan duo Smaga, forward Fransisca Berliana Kusuma Putri Noegroho dan guard  Natasya Aureliabenar-benar membuat Smasa kewalahan.

Smaga pun semakin nyaman bermain di kuarter kedua. Kali ini giliran guard Smaga, Alya Karreli Hartadi yang menunjukkan tajinya. Passing-passing brilian yang ia berikan membuat mereka makin tak terbendung. Mereka pun menutup keunggulan di kuarter kedua dengan skor 34-26.

Kuarter tiga menjadi puncak kebangkitan Smasa Blitar. Erwan Budi Santoso yang memberikan sentuhan mental membuat mereka bangkit. Adalah Antonia Tita, forward Smasa Blitar yang bermain bringas di kuarter ini. Penetrasi yang kerap ia lakukan terus menghujam ring Smaga. Puncaknya, freethrow yang ia lesakkan  membalikkan keadaan menjadi 53-52 di akhir kuarter tiga.

Menurut Erwan, anak-anaknya sedikti panik. Oleh karenanya, saat jeda kuarter tiga anak asuhnya ia beri sentuhan mental untuk bermain lepas. Selain itu, ia juga menekankan anak-anaknya untuk bertanggung jawab ketika melakukan kesalahan.

“Kalau salah atau gagal poin harus tanggung jawab. Harus segera kembali bertahan. Nggak boleh telat dan males,”ujarnya.

Puncak panasnya laga pun terjadi di kuarter empat. Smasa dan Smaga sama-sama berulang kali saling membalikkan keadaan. Di penghujung kuarter, Fransisca sendiri sempat membalikkan keadaan menjadi 65-64 melalui freethrownya.

Sayang, Smaga yang panik justru melakukan foul. Inilah yang menyebabkan Nirwana Shinta berhasil membalikkan keadaan di under four seconds. Sebenarnya, Smaga memperoleh peluang emas saat Bunga Septian Vindiyani mendapatkan dua kesempatan free throw di satu detik akhir pertandingan. Sayang, dua tembakan yang ia lakukan tak berbuah poin.

Untuk menghadapi laga big four Honda DBL East Java Championship Series, Smasa akan meningkatkan mental dan fundamental mereka. Pasalnya tim di Surabaya berbeda dengan tim di seri Malang.

“Rebound akan saya benahi. Pasalnya, mereka masih kurang agresif saat melakukan rebound,” ujar Erwan.

Dengan kemenangan ini, SMAN 1 Blitar akan bertemu perwakilan Surabaya di babk Big Four Honda DBL East Jawa Championship Series 2019. Laga tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 24 September 2019.

Statistik pertandingan selengkapnya bisa kamu baca di sini. 

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY