ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

SMAN 68 Jakarta saat berhadapan dengan SMA Bunda Mulia di Honda DBL DKI Jakarta Series - North Region.

DBL Indonesia kini punya dua kompetisi olahraga pelajar terbesar di Indonesia. Yang pertama adalah liga basket. Dan sudah berjalan hampir 20 tahun (sejak 2004). Sementara yang kedua adalah liga atletik. Yang baru berjalan dua tahun (sejak 2022).

Di musim 2023, liga basket DBL resmi memakai nama Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024. Yang berjalan di 30 kota dan 22 provinsi se-Indonesia. Sementara SAC Indonesia sukses digelar di enam regional qualifiers. Dengan adanya dua kompetisi ini, para pelajar di Indonesia memiliki kesempatan untuk terus mengembangkan bakat olahraga yang mereka miliki. Beberapa bahkan telah mencoba untuk bersaing di dua kompetisi tersebut.

Berikut adalah beberapa peserta DBL yang juga main di SAC. Ada yang sampai menembus kompetisi nasional, lho!

1. Pirlo Reybin Andreas (SMAN 68 Jakarta)

Pirlo Reybin Andreas merupakan salah satu penggawa dari roster SMAN 68 Jakarta. Selama tiga tahun berturur-turut, Pirlo memperkuat timnya berlaga di Honda DBL DKI Jakarta Series - North Region. Termasuk di musim 2023. 

Namun, Pirlo rupanya juga mendalami olahraga atletik. Salah satunya dengan mengikuti SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers untuk middle distance 1.000m putra. Bahkan, Pirlo meraih podium kedua di nomor tersebut dan bersaing di National Championship 2023. 

"Sebenarnya kalau basket sudah sejak SD ikut ekstrakurikuler. Yang baru itu atletik. Ikut SAC dari musim pertama, tapi belum ada klub. Nah, baru join klub ketika mau SAC lagi," kata Pirlo. 

2. Udinurgasya Zalfahira P (SMAN 91 Jakarta)

Udinurgasya Zalfahira P merupakan pemain anyaran di panggung Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Series - East Region. Ia memperkuat SMAN 91 Jakarta di ajang liga basket pelajar terbesar di Indonesia itu. 

Meskipun tampaknya begitu serius di olahraga basket, Udinurgasya Zalfahira P rupanya menjajal olahraga atletik dengan mengikuti SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers di nomor sprint 100m putri. 

3. Clarisa Margareth Sianturi (SMAN 91 Jakarta)

Sama seperti sebelumnya, Clarisa Margareth Sianturi juga merupakan salah satu srikandi SMAN 91 Jakarta. Clarisa sendiri debut di Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Series - East Region. Namun, basket rupanya tak cukup menjadi tempat penyaluran bakat. Clarisa juga debut di sprint 100m putri SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. 

4. Iman Prawira Nasution (SMAN 1 Jakarta)

SMAN 1 Jakarta tentunya punya wakil yang dipehitungkan. Ia adalah Iman Prawira Nasution. Siswa kelas XI yang mengikuti dua ajang bergengsi DBL Indonesia, yakni Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Series - Central Region dan SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. 

Di liga basket DBL, Iman memperkuat roster SMAN 1 Jakarta dan pertama kali debut pada musim 2023. Sementara di SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers ia berlaga untuk nomor tolak peluru putra. 

"Pertama kali tahu olahraga basket dulu sebelum atletik, tapi kalo dibilang SAC apa DBL, saya pertama kali ikut SAC dulu baru DBL di tahun berikutnya, kebetulan saya sudah mengikuti  SAC sebanyak 2 kali dan diajak teman sebangku yang sudah jadi atlet timnas sekarang," kata Iman. 

Sosok teman sebangkunya itu adalah Abdillah Panca Wiradhika. Juara lompat jauh SAC Indonesia 2022 Jakarta Banten Qualifiers.

Terlepas dari itu semua, Iman juga begitu mengapresiasi liga basket DBL dan SAC. "Sangat bikin semangat, soalnya itu lomba benar-benar bergengsi dan bikin kita semangat lomba, apalagi caper ke gebetan," kata Iman. 

5. David Jonathan (SMAN 23 Jakarta)

David Jonathan merupakan peserta Pond's Men 3X3 Competition DKI Jakarta Series - West Region. Ia memperkuat tim SMAN 23 Jakarta di kompetisi tersebut. Selain itu, David rupanya juga  bersaing di relay 4x100m putra SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. 

*Kaleidoskop DBL 2023-2024 adalah kumpulan peristiwa atau kejadian selama Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 berlangsung. Lihat ulasan Kaleidoskop DBL 2023-2024 lainnya di halaman ini.

*seluruh data dihimpun oleh tim creative labs dan redaksi DBL Indonesia & SAC Indonesia dari 21 Juli 2023 hingga 3 Februari 2024.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY