ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Ony Octariza Purnama Putra. Begitulah nama yang keluar sebagai Kopi Good Day Second Team seri Jawa Timur. Datang jauh dari Mojokerto, coach Ony membuktikan bahwa dirinya mampu bersaing di tengah dominasi tim unggulan Surabaya.

Perjalanan pelatih tim putri SMAN 1 Puri Mojokerto (Castle) di panggung DBL Jawa Timur sendiri sejatinya telah menginjak hampir dua dekade. Coach Ony sempat membawa nama Castle ke partai puncak DBL Jawa Timur pada 2006. Sekaligus catatkan sejarah.

Kala itu, skuad Castle dipertemukan dengan SMAN 1 Sidoarjo. Pertarungan antardua tim pendatang demi gelar juara. Usai melewati pertempuran panjang, penggawa Castle harus mengakui ketangguhan lawannya. Dan berpuas di posisi runner up.

Baca Juga: Fokus Pemulihan Pasca Cedera, Elang Satria Janji All Out di DBL Camp

Karir coach Ony di dunia basket sempat terhenti cukup lama. Lantaran dirinya memutuskan untuk bekerja sebagai pegawai Tata Usaha (TU). Namun, tetap setia bersama SMAN 1 Puri Mojokerto.

“Kebetulan saya alumni SMAN 1 Puri Mojokerto lulusan 2008. Dan mulai bekerja di SMAN 1 Puri tahun 2014 sebagai TU. Di tahun 2015, saya diminta tolong coach Amin (pelatih SMAN 1 Puri Mojokerto putra) untuk pegang salah satu tim,” buka coach Ony.

“Awalnya terpaksa, tidak ada pengalaman dan sedikit pengetahuan yang saya punya saat jadi pemain dulu,” sambungnya.

Ony Octariza - SMAN 1 Puri Mojokerto

Konsistensi dan kemauan belajar tinggi membuat coach Ony berhasil membawa srikandi Castle cukup diwaspadai. Bahkan pada Honda DBL with Kopi Good Day 2023 East Java Series-North Region lalu, Castle mampu beranjak hingga putaran Fantastic Four.

“Sebenarnya di Mojokerto minim turnamen. Apalagi tingkat SMA. Adapun mungkin hanya satu kali dalam setahun. Jadi kalau ingin punya pengalaman ya ikut turnamen di luar kota. Itupun harus tetap menyesuaikan jarak dan biaya yang dijangkau anak-anak,” katanya.

“Tentunya harus selektif. Turnamen mana yang bisa diikuti dan tidak perlu. Karena tidak semua turnamen bisa di-cover biayanya sama sekolah. Dan anak-anak juga tidak semua mampu,” imbuh coach Ony.

Baca Juga: Persiapan Lancar, Lourencio Dustin Siap All Out di DBL Camp

Pencapaian luar biasa di balik tangan dingin sosok Ony Octariza. Membuatnya berhak untuk bertolak ke Jakarta dan menjalani seleksi Kopi Good Day DBL Camp 2024 bersama puluhan pelatih terbaik dari seluruh Tanah Air.

“Terima kasih kepada DBL Indonesia karena sudah memberikan kesempatan untuk ikut DBL Camp. Karena saya dari kota kecil yang mungkin kultur dan kompetisi basketnya tak sebaik kota-kota lainnya,” tutupnya.

Ony Octariza - SMAN 1 Puri Mojokerto

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 digelar di 30 kota dan 22 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 juga menampilkan Pond's Men 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Statistik pelatih ini bisa dilihat di halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY