ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Perlombaan basket di DBL Indonesia

Latihan basket

Meningkatkan kelincahan menjadi hal penting untuk meningkatkan performa atlet.

Kelincahan (agility) adalah kemampuan menggerakkan, mengubah arah, serta posisi tubuh dengan cepat dan efektif namun tetap terkendali. 

Dalam kelincahan, dibutuhkan refleks yang cepat, koordinasi, keseimbangan, kecepatan, dan respons yang tepat terhadap perubahan situasi.

Jika tubuh seorang student athlete dianggap lincah, artinya student athlete tersebut aktif bergerak ke posisi terbaik untuk melakukan tindakan selanjutnya, seperti menangkap bola atau melakukan tekel. 

Kelincahan memastikan tubuh berada pada posisi yang tepat untuk mengambil tindakan selanjutnya secara efektif. Ini juga menjadi salah satu kemampuan fisiologis utama yang dibutuhkan dalam bermain bola basket. 

Pasalnya, kelincahan dapat menjadi ukuran bagaimana respons pemain saat menangkap bola, mengejar bola, hingga membaca situasi dan memberikan tindakan. 

Ada banyak cara melatih kelincahan untuk meningkatkan performa atlet. Tetapi sebelum itu, kita harus memabahas manfaat melatih kelincahan.

Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Stamina dalam Basket Agar Performa Optimal

Manfaat Latihan Kelincahan

Latihan kelincahan memiliki beragam manfaat. Manfaat ini juga membuat student athlete lebih bersemangat dalam melatih kelincahan untuk meningkatkan performa atlet. Berikut DBL Indonesia rangkum untukmu.

1. Pencegahan Cedera

Banyak cedera bisa terjadi ketika tubuh dalam kondisi tidak baik saat bergerak. Misalnya, otot punggung bagian bawah tertarik jika terangkat dari posisi yang tidak tepat, atau ligamen lutut robek jika salah langkah. 

Nah, dengan latihan kelincahan, student athlete dapat meningkatkan keseimbangan, kontrol dan fleksibilitas, hingga memungkinkan tubuh mempertahankan postur dan keselarasan yang tepat selama bergerak. 

Latihan kelincahan membantu tubuh mempelajari penempatan yang benar, yang berarti area sensitif seperti bahu, punggung bawah, dan lutut terlindungi saat bergerak cepat. 

2. Koneksi antara Pikiran dan Tubuh

Pelatihan kelincahan dapat membantu tubuh membangun koneksi antara pikiran untuk memberikan espons cepat terhadap berbagai dorongan. 

Pada awalnya, gerakan responsif akan tampak dipaksakan, namun seiring student athlete berlatih kelincahan, gerakan tersebut akan menjadi lebih alami. 

3. Peningkatan Keseimbangan dan Koordinasi

Latihan kelincahan membuat tubuh lebih seimbang di tengah gerakan dinamis. Ketika tubuh bergerak dengan dinamis, gerakan dalam olahraga  menjadi lebih lancar. 

Baca Juga: 7 Cara Melatih Fisik Agar Tidak Cepat Lelah dan Kuat Saat Berolahraga

4. Waktu Pemulihan yang Lebih Baik

Terkadang olahraga yang intens dapat menyebabkan nyeri otot dan penurunan tingkat energi keesokan harinya. 

Namun rangkaian gerakan dalam latihan kelincahan, jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama, akan membantu membangun kekuatan pada sistem muskuloskeletal, sehingga mempersingkat waktu recovery.

5. Peningkatan Hasil dalam Waktu Minimal

Latihan kelincahan terkadang dapat memberikan hasil nyata dalam waktu minimal. Gerakan non-linear, seperti gerakan kaki melangkah ke samping menggunakan Agility Ladder, atau lari slalom di sekitar Agility Cones, melibatkan lebih banyak otot dibandingkan dengan hanya berlari dalam garis lurus. 

Melibatkan lebih banyak otot berarti hasil yang lebih besar dari latihan. 

Latihan untuk Meningkatkan Kelincahan

Ada beberapa cara melatih kelincahan untuk meningkatkan performa atlet yang bisa diterapkan. Di antaranya latihan lane agility drills, zig zag, squat trust, melatih kelincahan reaksi hingga latihan naik turun tangga, berikut penjelasannya untukmu. 

Lane Agility Drills 

Cara pertama melatih kelincahan untuk meningkatkan performa atlet adalah dengan lane agility drills

Lane agility drills merupakan latihan kecepatan dengan gerakan cepat dari titik-titik tertentu yang diarahkan oleh pelatih. Gerakan ini dapat melatih sikap responsif atlet. 

Dalam olahraga basket, latihan ini dapat membantu pemain dengan cepat berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain, atau ketika menerima dan mengoper bola.

Kunci dari lane agility drills adalah dengan melatih kaki. 

Baca Juga: Beep Test: Pengertian dan Manfaat untuk Kebugaran

Agility Ladder Drills

Latihan kecepatan bisa menggunakan alat pelatihan, salah satunya adalah dengan tangga ketangkasan. 

Dengan menggunakan tangga ketangkasan (atau rintangan rendah dengan jarak yang sama), student athlete dapat melakukan variasi lari dalam ritme tertentu, misalnya lari dan melompat dengan cepat atau melatih pergerakan kaki. 

Student athlete juga dapat menggunakan tangga ketangkasan secara lateral untuk melatih posisi bertahannya sambil bergerak.

Figure Eight Drills

Figure Eight Drills sangat identik dengan olahraga basket. Latihan ini adalah melakukan perpindahan bola dengan bentuk angka delapan dan lakukan dribble dengan stabil. Latihan ini dapat berfungsi untuk meningkatkan koordinasi saat menggiring bola. 

Weave and Shoot

Weave and shoot merupakan salah satu cara melatih kelincahan untuk meningkatkan performa atlet. 

Cara bermainnya cukup mudah, saat student athlete melintasi lapangan, para student athlete mengoper bola dan melakukan umpan silang ke arah yang berlawanan. Setelah itu, pemain terakhir yang memegang bola harus menembakkannya ke ring. 

Zig Zag

Lari zig zag dapat menjadi bagian dari latihan kelincahan. Ini karena perpindahan Hal ini juga dapat dilakukan sambil menggiring bola dan membantu membangun sifat atletis secara keseluruhan.

Plyometrik

Plyometrik merupakan kumpulan latihan yang memiliki tujuan untuk medorong otot-otot agar tetap aktif. 

Beberapa latihan dalam latihan plyometrik di antaranya, lompat vertikal, lompat horizontal, dan lompat ke berbagai arah. 

Gerakan latihan plyometrik satu kaki untuk melompat ke kiri, lalu ke kanan, dan seterusnya dapat mengkondisikan otot untuk kekuatan dan kecepatan, sehingga membangun ketangkasan dalam prosesnya.

Nah, itulah beberapa cara melatih kelincahan untuk meningkatkan performa atlet. (*) 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY