ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Foto: Getty Images

Olahraga bola basket begitu gandrung di kalangan anak muda. Khususnya anak muda di Indonesia. Tak heran jika DBL yang diselenggarakan di 30 kota dan 22 provinsi di Indonesia selalu ramai dari peserta dan penonton.

Tingginya antusiasme orang-orang akan olahraga bola basket ini juga membuat meningkatnya produksi film tentang basket. Yap, film tentang olahraga basket kini kian banyak tersedia di layanan streaming.

Baca juga: 5 Rekomendasi Drama Korea Tentang Olahraga dan Atlet, Ada Kesukaanmu?

Menariknya, film tentang basket ini tidak hanya menceritakan soal olahraga basket semata. Tetapi juga mengajarkan soal kerja sama, perjuangan, hingga persahabatan.

Berikut 7 rekomendasi film tentang basket dan student athlete versi DBL Play!

Coach Carter

Ken Carter (Samuel L. Jackson) adalah seorang alumnus dari sebuah sekolah di Richmond, California. Ia kembali ke sekolahnya di tahun 1999 untuk menjadi pelatih basket tim sekolah. Carter diceritakan memiliki karakter yang tegas dan berprinsip.

Carter punya aturan dan gaya melatih tersendiri ketika turun di lapangan. Pemainnya tidak boleh tinggal kelas dan mendapat nilai jelek di dalam kelas. Siapapun yang ingin bermain basket, harus mendapat nilai yang bagus di akademik.

Hal itu yang menimbulkan dinamika bagi timnya. Namun, pemainnya berhasil membuktikan diri bahwa menjadi seorang student athlete bisa mereka lakukan dengan baik. Akademisnya bagus dan mendapat kemenangan beruntun di turnamen.

Film ini relate banget sama kondisi student athlete DBL, lho. Makanya, cocok banget ditonton buat kamu yang termasuk pemain DBL, nih!

Hustle

Film Hustle menceritakan seorang pencari bakat internasional, Stanley Sugerman (Adam Sandler) yang bekerja untuk klub Philadelpia 76ers. Sugerman menghabiskan waktunya berkelana ke berbagai tempat untuk mencari pemain terbaik.

Hingga mengorbankan waktu bersama keluarganya. Dinamika muncul ketika bos Sugerman meninggal dan diganti dengan orang lain. Sugerman yang semula dipromosikan menjadi asisten pelatih harus kembali berkeliling menjadi pencari bakat.

Lihat juga: 3 Rekomendasi Anime Seru, Cocok Jadi Tontonan Student Athlete Saat Libur!

Beruntung, ia menemukan pemain 'emas' itu ketika dirinya menonton pertandingan di Spanyol. Atlet itu adalah Bo Cruz (Juancho Hernangomez). Dari sana, kisah keduanya menjadi pemain basket dan pencari bakat dimulai.

The Last Dance

Film The Last Dance adalah serial dokumenter tentang Michael Jordan. The Last Dance menceritakan tentang perjalanan karier Michael Jordan bersama Chicago Bulls di NBA.

Tidak hanya itu, film The Last Dance juga menyoroti kehidupan dan karakter Michael Jordan di luar basket. Dimulai dari ketika Jordan kecil hingga bisa menjadi pemain ternama di NBA. 

Slam Dunk

Film Slam Dunk merupakan film yang diadaptasi dari serial anime terkenal dengan judul sama. Film Slam Dunk menceritakan tentang Hanamichi Sakuragi. Ia adalah seorang siswa SMA kelas 1 di Shohoku yang terkenal lantaran rambutnya berwarna merah.

Sakuragi juga dikenal sebagai pemuda berandalan. Sakuragi bertemu dengan Haruko Akagi, siswi yang sangat suka dengan basket. Meskipun sebelumnya Sakuragi tidak menyukai basket, demi mendapatkan perhatian perempuan itu ia rela untuk ikut klub basket di sekolahnya.

Ketika Sakuragi memutuskan menjadi pemain basket di sekolahnya, di sanalah muncul rangkaian konflik yang harus ia hadapi. Film ini juga menceritakan tentang persahabatan dan pengorbanan seorang pemain basket sekaligus menjadi pelajar.

The Way Back

Film The Way Back dibintangi oleh Ben Affleck, aktor Batman di DC Extended Universe. Film The Way Back mengisahkan tentang pelatih basket, Jack Cunningham (Ben Affleck) yang merupakan laki-laki depresi lantaran gaya hidupnya.

Suatu hari, Cunningham dipanggil oleh Bishop Hayes High School untuk menjadi pelatih basket. Menggantikan pelatih lama yang sedang sakit parah. Cunningham menerima tawaran itu. Ia mulai mengajarkan pentingnya kerja sama tim dan kerja keras untuk pemain basket.

Rise

Film Rise diangkat dari kisah nyata tiga bersaudara. Mereka adalah Giannis, Thanasis, dan Kostas Antekounmpo. Mereka adalah tiga saudara keturunan Nigeria-Yunani.

Ketiga saudara tersebut bermigrasi ke Amerika Serikat dan selalu dibayang-bayangi oleh ketakutan dideportasi. Selama itu pula, Giannis dan dua saudaranya harus berjuang untuk bertahan hidup. 

Giannis dan kedua saudaranya memang gemar bermain basket. Suatu hari, ketika melawan pemuda setempat, mereka menyadari jika kemampuan mereka bermain basket cukup bagus. Di tahun 2013, Giannis dan kedua saudaranya memutuskan untuk masuk ke NBA dengan bantuan agen.

Stephen Curry: Underrated

Para pecinta basket pasti sangat familiar dengan nama Stephen Curry. Yap, dia adalah salah satu bintang ternama NBA. Curry saat ini bermain di Golden State Warriors. Berkat pencapaiannya yang luar biasa, kisah Curry dibuatkan film berjudul Stephen Curry: Underrated.

Film ini bergenre dokumenter yang menceritakan tentang kehidupan Curry. Dimulai dari ia kecil hingga dewasa. Film ini mengangkat kisah Curry sebagai salah satu pemain bertubuh kecil hingga menjadi pemain paling fenomenal di NBA.

Film Stephen Curry: Underrated juga menceritakan tentang pendewasaan seorang Stephen Curry dalam bermain basket. Kalau kamu salah satu fans Stephen Curry, kamu wajib banget nonton film ini!

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY