ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Kota Jakarta tidak lagi menjadi Ibu Kota Indonesia. Yap, per tanggal 28 Maret 2024, DPR RI mengesahkan Undang-undang Daerah Khusus Jakarta (UU DKJ).

Isi UU DKJ itu menjelaskan bahwa Jakarta tidak lagi sebagai Daerah Khusus Ibu Kota. Tetapi, kini Jakarta menjadi Pusat Perekonomian Nasional.

Artinya, walaupun sudah nggak jadi Ibu Kota Indonesia lagi, Jakarta tetap jadi pusat bisnis Indonesia. Selain itu, Jakarta juga menjadi wilayah aglomerasi bersama kota satelit dan sekitarnya.

Apa sih maksud wilayah aglomerasi dan kota satelit itu?

Berdasarkan UU DKJ, wilayah aglomerasi diartikan sebagai kawasan perkotaan yang menyatukan pengelolaan beberapa kota dan kabupaten dengan penduduknya. Walaupun berbeda dari sisi administrasi.

Nah, sedangkan kota satelit itu adalah kota yang berada di tepi kota yang lebih besar. Sebagian besar penduduk kota satelit juga bergantung pada kota besar. Misalnya, Tangerang, Depok, Bekasi, dan kota-kota lain di sekitar Jakarta.

Artinya, Jakarta akan tetap jadi kota besar (penyangga) bagi perencanaan atau tatanan kota untuk wilayah daerah atau kabupaten di sekitar Jakarta. 

Nggak hanya itu, ya. Jakarta juga tetap menjadi kota yang punya kewenangan khusus untuk beberapa aspek yang lekat dengan masyarakat. Contohnya budaya, pariwisata, transportasi, dan lainnya.

Baca juga: Siapkan Dirimu! Ini Jadwal & Venue Kopi Good Day DBL Camp 2024

Terus, apa yang harus diketahui oleh Student Athlete DBL?

Sudah pasti student athlete harus tahu bahwa informasi Jakarta sudah bukan lagi Ibu Kota Indonesia per tanggal 28 Maret 2024 lalu. Kamu bisa lihat dan baca aturan lengkapnya di UU DKJ.

Selain itu, student athlete juga wajib tahu, nih. Terutama student athlete di Jakarta. Walaupun Jakarta sudah bukan lagi jadi Ibu Kota, tetapi Jakarta tetap memegang peran penting terhadap perekonomian Indonesia.

Alasannya, ya karena Jakarta saat ini jadi Pusat Perekonomian Nasional.

Ada efeknya ke DBL Jakarta, nggak sih?

Hmmm...untuk saat ini, penggantian status Ibu Kota sebenarnya belum ada efek apapun dalam penyelenggaraan DBL di Jakarta. Hanya saja, penyebutan gelaran DBL di Jakarta nanti bukan lagi DBL DKI Jakarta Series.

Selain itu, penyelenggaraan event lain seperti DBL Camp dan Fest 2024 yang diadakan di Jakarta juga tidak ada perubahan apapun, kok.

Baca juga: Ada Apa Saja di Kopi Good Day DBL Festival 2024? Simak Bocorannya di Sini…

Oh iya, kamu harus catat tanggalnya juga, ya. Kopi Good Day DBL Camp dan Festival 2024 akan diselenggarakan di GOR Soemantri Brodjonegro dan Mall Kota Kasablanka pada 23 hingga 28 April 2024. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY