ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Pengumuman DBL All Star dalam acara DBL Fest 2023 di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan

DBL Festival, atau biasa disebut sebagai DBL Fest, merupakan pekan festival olahraga basket terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh DBL Indonesia. Berbeda dengan kebanyakan festival yang fokus pada musik, DBL Fest memadukan musik, seni, dan basket menjadi sebuah hiburan menyenangkan.

Festival ini pertama kali diselenggarakan pada 11-14 Mei 2023, di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Pada 2023, DBL Fest mempromosikan tagline Art, Basketball, dan Entertainment, yang bertujuan mengenalkan basket kepada masyarakat umum. 

Dengan mengusung semangat untuk memasyarakatkan olahraga basket, DBL Fest memiliki acara tahunan. Mulai dari DBL Camp, Dunkshow, 3x3 Competition, 1on1 Battle, Threepoint Contest, hingga Scrimmage Game. 

Beberapa bintang ternama yang pernah meramaikan DBL Fest, di antaranya, Marion Jola, Gangga Kusuma, Raditya Dika, Andovi da Lopez, Sean Gelael, Daniel Wenas, Sintya Marisca, dan masih banyak lagi.

DBL Fest telah disaksikan oleh ribuan penonton, dan diikuti oleh lebih dari puluhan sekolah yang terlibat langsung dalam acara tersebut. DBL Fest musim pertama juga disiarkan secara LIVE di YouTube DBL Play dan Instagram. 

Di musim baru ini, DBL Indonesia, selaku penyelenggara DBL Fest, mengumumkan rencana DBL Fest 2024, yang akan berlangsung pada 25-28 April 2024. 

DBL Festival Jadi Induk Acara DBL Camp

Marion Jola dalam DBL Festival

DBL Indonesia memiliki program resmi tahunan bernama DBL Camp yang mengumpulkan ratusan student athlete DBL dari penjuru Indonesia untuk dilatih dan diseleksi menjadi 12 pemain terbaik. 

Total 12 student athlete terbaik yang telah terpilih itu akan diberikan gelar sebagai DBL Indonesia All-Star. Mereka nantinya berkesempatan terbang ke Amerika Serikat untuk belajar, berlatih, berkompetisi, dan bertemu pelatih serta pemain Top NBA.

Pada DBL Fest 2023, DBL Indonesia mendeklarasikan DBL Camp sebagai salah satu bagian dari rangkaian acara DBL Fest. Konsep baru ini nantinya juga akan diterapkan pada DBL Fest 2024 dan DBL Camp 2024. 

Acara DBL Fest Perdana Digelar di Jakarta 

Sejak 2010, DBL Camp selalu digelar di Surabaya, Jawa Timur, kota kelahiran dari liga basket DBL. Sejak saat itu, DBL Camp terus diselenggarakan tanpa absen (kecuali 2020, karena alasan Pandemi Covid-19). 

Karena lahirnya DBL Fest sebagai festival basket pelajar terbesar di Indonesia, DBL Camp untuk pertama kalinya turut diadakan di Jakarta. Dimulai pada 8 Mei hingga 14 Mei 2023, sebanyak 246 pemain dan 54 pelatih diseleksi menjadi yang terbaik. 

KFC Menjadi Title Partner Liga Basket DBL dan DBL Fest 2023

PT Fast Food Indonesia Tbk resmi bergabung sebagai pendukung utama DBL Fest 2023. Perusahaan induk di balik makanan KFC itu menjadi title partner event olahraga terbesar di Indonesia ini. Sehingga, pada 2023, DBL Fest resmi memakai nama KFC DBL Festival 2023 dan KFC DBL Camp 2023. 

KFC juga mendukung penuh penyelenggaraan liga basket pelajar DBL selama musim 2022-2023. Dengan nama Honda DBL with KFC menggelar kompetisi basket tingkat SMA di 30 kota dan 22 provinsi, dari Aceh hingga Papua. 

Baca Juga: KFC DBL Fest Tuntas! Dari Pengumuman All Star Hingga Performance Marion Jola

Kopi Good Day Menjadi Title Partner Liga Basket DBL dan DBL Fest 2024

PT Santos Jaya Abadi, produsen kopi instan berkualitas Kopi Good Day, resmi menjadi title partner untuk DBL Fest 2024. Dengan misi yang sama, DBL bersama Kopi Good Day ingin memberikan wadah bagi anak muda untuk aktif berprestasi dan belajar. 

Kopi Good Day juga memfasilitasi liga basket pelajar DBL selama musim 2023-2024. Dengan nama Honda DBL with Kopi Good Day mengadakan kompetisi basket tingkat SMA di 30 kota dan 22 provinsi, dari Aceh hingga Papua. 

Ini bukan pertama kalinya Kopi Good Day menggebrak Jakarta dengan kolaborasi bersama DBL Indonesia. Sebelumnya, Kopi Good Day juga menjadi salah satu partner Final DBL Jakarta di Indonesia Arena, final kompetisi basket terbesar di Indonesia yang disaksikan 12.000 penonton. (*)

Baca Juga: Ada Apa Saja di Kopi Good Day DBL Festival 2024? Simak Bocorannya di Sini…

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY