ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Mabekou Talla Valerie (pegang bola) saat membela UPH College Tangerang di Honda DBL with Kopi Good Day 2023 Banten Series.

Perbasi, melalui situs resminya, mengumumkan 18 nama pemain yang lolos seleksi Timnas Basket Putri U-18. Sebanyak 18 pemain ini disiapkan mengikuti kompetisi Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) U-18 yang digelar 24-26 Mei 2024.

Salah satu pemain yang berhasil lolos seleksi adalah Mabekou Talla Valerie. Ia merupakan pemain dari UPH College Tangerang yang pernah berpartisipasi di Honda DBL with Kopi Good Day 2023 Banten Series.

Menariknya, Valerie merupakan salah satu pemain termuda di antara 18 pemain yang terpilih. Di usia ke 16 tahun ini (kelas X), ia berhasil menjadi MVP atau pemain terbaik di DBL Banten 2023 dan lolos ke Kopi Good Day DBL Camp 2024.

Baca juga: 13 Campers Kopi Good Day DBL Camp 2024 Lolos Seleksi Timnas Basket Putri U-18

"Prosesnya bikin deg-degan banget karena waktu itu dari penentuan 24 pemain ke 18 pemainnya langsung setelah latihan kan. Alhamdulilah lolos seleksi 18 pemain," ungkapnya lega.

Selama proses seleksi ini, lanjut Valerie, ia mempelajari banyak hal. Terutama soal pola bermain dan kepercayaan diri. Tak jarang, ia kerap overthinking  dengan kemampuannya. Tetapi, berkat kepercayaan dirinya, ia berhasil tampil optimal.

Mabekou Talla Valerie saat menjalankan TC persiapan menuju SEABA U-18 di bulan Mei dan FIBA U-18 Asia Cup Juni mendatang. (sumber: instagram resmi Timnas Basket Indonesia/@official_timnasbasket)

"Ini pertama kalinya aku ikut Training Center. Selama seleksi banyak banget hal-hal yang gak terbiasa aku lakuin seperti cara bermain pola yang bener-bener intense menurutku. Dan harus bisa hafalin 5-8 pola, apalagi aku main posisi 4 dan 5, dan harus bisa inget," tuturnya.

Soal seleksi ini, Timnas Basket Putri U-18 yang diarsiteki oleh coach Bambang Asdianto Pribadi juga akan mengagendakan beberapa laga uji coba. Uji coba dilakukan untuk melihat kesiapan Timnas Basket Putri U-18 sebelum turun di SEABA U-18.

Baca juga: Campers Wajib Catat! Dimaz Muharri Soroti Hal Ini di DBL Camp 2024

Timnas Basket Putri U-18 merencanakan menggelar tiga kali uji coba. Uji coba pertama telah dilakukan awal pekan ini melawan tim lokal, Southernwolves U-16 Putra. Duel ini dimenangkan Timnas Basket Putri U-18 dengan margin tipis, 62-60.

Dikutip dari situs resmi Perbasi, komposisi pemain dalam TC ini masih bisa berubah sewaktu-waktu karena TC berlakukan promosi dan degradasi. Apalagi, Timnas juga masih membuka pintu bagi 6 pemain potensial yang sedang kuliah di luar negeri untuk ramaikan seleksi.

TC tahap pertama berakhir pada 7 April 2024. Mereka kemudian akan kembali TC usai Lebaran 2024. Perbasi akan menyeleksi 18 pemain ini, plus 6 pemain dari luar negeri hingga menjadi 12 pemain. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY