DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Foto oleh Ivan/DBL Indonesia

Setelah menuntaskan latihan ringan, rasa dahaga akan sekejap lenyap ketika air mulai mengalir di tenggorokan kita. Tapi, untuk workout kelas berat, air mineral saja tidak cukup.

Mayoritas, orang-orang menyiasatinya dengan menenggak minuman berenergi. Tapi ingat, hal itu jika dikonsumsi terus-terusan, bisa berdampak buruk bagi tubuh. Karena minuman seperti itu sarat kandungan gula dan kalori.

Nah, kalian enggak perlu khawatir. Ada lima zat makanan pengganti elektrolit alami, yang aman bagi kesehatan. Apa aja sih? 

Sodium

Salah satu kunci agar tubuh kita bisa 'memegang' air dengan cukup lama adalah sodium. Selain berguna bagi kesehatan jantung, ternyata Sodium juga zat ampuh yang menjaga tubuh kita dari agar terhindar dari dehidrasi.

Saat workout Sodium merupakan elektolit yang banyak hilang. Nah makanya, para atlet setiap sebelum latihan berat selalu menyantap kudapan yang mengandung garam lebih dulu. Hal itu dilakukan agar kelak waktu latihan tubuh mereka telah siap mempertahankan cairan dan hidrasi sepanjang sesi latihan.

 

Klorida

Klorida adalah zat yang biasanya berpasangan dengan natrium. Klorida dengan mudah bisa kalian temui di garam meja, dan makanan olahan siap saji seperti sup kaleng atau keripik kentang.

Fungsi dari klorida ini adalah menjaga keseimbangan cairan, volume darah, dan cairan pH dalam tubuh. Pernah enggak sih ketika kalian terlalu lelah, lalu merasa hilang konsenterasi saat belatih? Nah, disitulah letak fungsi Klorida. Selain menjaga keseimbangan cairan, zat ini juga menjaga konsenterasi otakmu.

 

Potasium

Dari seluruh zat, Potasium adalah yang paling mudah ditemukan. Zat ini terkandung di banyak buah-buahan segar seperti pisang, melon, kismis, plum atau jeruk. Dalam satu jam berlatih secara intens, kalian mungkin akan kehilangan sekitar 200-600 mg kalium, yang itu berfungsi mengatur tekanan darah, keropos tulang, dan memainkan peran penting dalam kontraksi otot.

Nah, agar kalian bisa mengganti kebutuhan potasium di tubuh dengan cepat, kalian hanya perlu memakan satu buah pisang jumbo. Karena, pisang adalah buah yang kaya akan potasium. Dalam satu buah pisang, mengandung sekitar 450-600 mg kalium. Selain itu, kacang-kacangan, alpukat, dan sayuran hijau seperti bayam atau kangkung juga kaya akan kandungan potasium.

 

Kalsium

Susu adalah minuman yang sering terlupakan ketika kita workout habis-habisan. Padahal, menurut peneliti di McMaster University Inggris, Susu adalah minuman kaya kalsium yang memiliki fungsi lebih apik daripada air atau minuman berhadiah untuk merehidrasi tubuh.

Nah, kalian pasti bingung ya? Masa cocok sih minum susu setelah latihan keras. Eitss...jangan salah. Zat yang terkandung dalam susu adalah kombinasi dari karbohidrat, kalsium, natrium dan kalium. Sekaligus, Susu adalah minuman yang mengandung protein tinggi. Hal itu, membantu pemulihan otot-otot kita setelah lelah berlatih seharian.

 

Magnesium

Sebenarnya, fungsi dari Magnesium ini hampir sama sih seperti kalsium. Keduanya, sama-sama bermanfaat untuk membantuk konstraksi otot, fungsi saraf, aktivasi enzim, dan pastinya, perkembangan tulang. Cara menemukannya pun cukup mudah. Konsumsikah sayura berdaun hijau, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Menurut peneliti di Agricultural Research Service, Amerika Serikat, magnesium berfungsi memulihkan tubuh dari kelelahan. Ketika kadar mineral kalian rendah, tubuh akan menuntut lebih banyak oksigen dan energi selama workout.

 

Gak ada rencana jalan-jalan keluar rumah? Baca-baca aja informasi terbaru di mainmain.id  

- Menemukan Pemain Nge-Cheat di PUBG? Laporkan Lewat Ban Pan

- BTS Jadi Grup Pertama yang Borong Semua Daesang, Ini Daftar Pemenang MMA

- Nyalakan Mode Supercharged XP di Fortnite Tiap Sabtu dan Minggu

- 5 Film yang Wajib Kalian Tonton pada Desember ini

Lagu-Lagu Bertema Desember ini Mungkin Menarik Masuk Playlistmu

- Keren! Tekan Kriminalitas Anak, Gereja Tua ini Jadi Ring Tinju

- Barang Bekas Syuting Star Wars Dilelang, Ada Helm Imperial Stormtrooper Loh!

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)