ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

SURABAYA - Perjalanan SMP Negeri 12 atau Rholas melaju ke babak final Junior DBL East Java Series musim 2020 harusnya menginspirasi banyak SMP Negeri di Surabaya. Sebab, SMP Negeri juga mampu bicara banyak di ajang basket. Asal diberi kesempatan.

Ya, Rholas memang melaju mulus di sepanjang kompetisi Junior DBL East Java Series 2020. Meskipun tim ini merangkak dari babak penyisihan. Sejak laga pertama di babak penyisihan, Rholas terbilang menang mudah atas lawan-lawannya.

Di laga perdana babak penyisihan, Rholas langsung menghadapi tim tetangga, SMPN 2 Waru, Sidoarjo. Di laga perdana ini, Andang Ramadhan dan kawan-kawan bisa tidur nyenyak malam ini. Hal ini dikarenakan mereka berhasil mendulang hasil yang sangat positif. Rholas berhasil memperoleh kemenangan atas SMPN 2 Waru, Sidoarjo, 47-11.

Tim asuhan Koen Bimantoro  ini bermain permainan impresif sepanjang laga. Renggangnya pertahanan SMPN 2 Waru, Sidoarjo semakin membuat para pemain Rholas Surabaya leluasa untuk menambah poin. Alhasil mereka mengunci skor di paruh awal pertandingan dengan skor 22-1.

Di paruh akhir pertandingan, dominasi Rholas Surabaya semakin terlihat. Terlebih mental dan fisik lawan Spendaroe sudah semakin terkikis. Kesempatan ini semakin membuat Rholas Surabaya mengakhiri laga dengan skor 47-11.

Andang Ramadhan Rizky Putra menjadi top scorer pada laga ini. Pemain Guard Rholas Surabaya ini rajin mencetak 23 dari 47 poin yang dihasilkan timnya. Statistik lengkap bisa kamu lihat selengkapnya di sini.

19 Oktober 2019, tim putra Rholas Surabaya menjadi tim pertama yang sukses melangkah ke babak utama. Hasil ini mereka dapatkan setelah mengalahkan SMP Little Sun Surabaya dengan skor 41-16.

Pada kuarter pertama kedua tim bermain cenderung santai. Perolehan skor pada kuarter ini pun tak begitu banyak. Kuarter pertama usai dengan skor 6-4 untuk keunggulan Rholas Surabaya. 

Memasuki kuarter kedua, para pemain Rholas baru terlihat panas. Pada kuarter ini mereka menerapkan permainan full press. Hasilnya mereka leading dengan skor 20-6.

Di kuarter ketiga, tempo bermain kembali lambat seperti kuarter pertama. Kedua tim sama sama mengoleksi 5 poin pada kuarter ini. Skor 25-11 tercipta sampai akhir kuarter tiga masih untuk keunggulan Rholas Surabaya.

Kuarter pamungkas menjadi puncak dari permainan skuad asuhan Koen Bimantoro. Memanfaatkan kesalahan lawan, Rholas Surabaya kembali mendominasi.

Terbukti dari 24 turnover yang dilakukan lawan, Rholas Surabaya mengemas 22 poin. Tembakan dua angka Andang Ramadhan Rizky Putra semakin memperlebar margin poin kedua tim. Rholas akhirnya memenangkan pertandingan dengan skor 41-16. Dengan hasil ini Rholas pun melaju ke babak utama Junior DBL East Java Series 2020.

Andang Ramadhan kembali menjadi top scorer pada pada laga ini. Ia mengemas 15 poin dari total 41 poin yang dikumpulkan timnya. Pemain guard ini juga rajin mengumpulkan rebound. Dari total 36 rebound yang dikumpulkan Rholas Surabaya, 7 di antaranya adalah torehan dari Andang Ramadhan. Statistik lengkap game ini bisa kamu lihat di sini.

SMPN 12 Surabaya yang merangkak dari babak penyisihan langsung menunjukkan tajinya di laga pertama Junior DBL East Java Series 2020 hari ini. Melawan SMPN 1 Sedati, Sidoarjo mereka berhasil mengakhiri laha dengan skor 39-15.

Pada pertandingan hari ini, Rholas -sebutan SMPN 12 Surabaya- menunjukkan grafik permainan yang meningkat. Di kuarter pertama mereka unggul 6-2. Lalu di kuarter dua mereka berhasil mencetak delapan angka. Puncaknya, di paruh akhir pertandingan Muhammad Zakky Dikmansyah dan teman-temannya mencetak 25 poin.

Pada pertandingan hari ini, Muhammad Dzaky menjadi pencetak poin terbanyak untuk kemenangan timnya. Ia membukukan 12 dari 39 poin kemenangan timnya. Disusul Andang Ramadhan yang membuahkan delapan poin. Statistik pertandingan selengkapnya bisa kamu baca di sini.

Usai memetik kemenangan di pertandingan pertama. Tak membuat Rholas merasa jemawa. Mereka kembali memtik hasil baik di laga kedua dengan mengalahkan putra SMP Gloria 2 Surabaya dengan skor 39-9.

Tancap gas di awal, semakin menekankan bahwa Rholas tak ingin membuang banyak waktu. Memanfaatkan kecepatan para pemainnya yang merata Rholas terus menggempur pertahanan lawan. Gloria 2 yang sibuk bertahan kesulitan meredam keganasan anak-anak Rholas yang memaksa laga di kuarter kedua berakhir dengan skor 24-3.

Rholas tak juga mengendurkan serangan setelah turun minum. Gloria 2 yang tak mampu mengimbangi cepatnya transisi serangan lawan harus menelan banyak poin dari Rholas. Mereka akhirnya mengakui keunggulan Rholas di akhir laga dengan skor 39-9. Rholas banyak mendapat poin dari turnover lawan. Dari 23 turnover yang dilakukan mereka berhasil mencuri 17 poin. Statistik lengkap game ini bisa kamu lihat di sini.

Laga Do-or-Die dijalani putra Rholas (SMPN 12 Surabaya) dan Cheetah (SMP Cita Hati East Surabaya). Saat itu jika ingin melanjutkan langkah ke babak playoffs, kedua tim mutlak harus meraih kemenangan di laga ini.

Rholas yang tancap gas dari awal laga akhirnya memenangkan laga ini dengan skor 36-12. Hasil ini sekaligus membawa Rholas menjadi juara grup. Mereka menyapu bersih semua laga di babak utama Junior DBL East Java Series 2020 dengan kemenangan.

Pada paruh awal laga Rholas sangat mendominasi pertandingan. Mereka dengan cepat membombardir pertahanan lawan dan mencetak poin lewat tembakan dua angka. Cheetah harus mengakui keunggulan Rholas di paruh awal laga dengan skor 16-3.

Memasuki kuarter ketiga Rholas mencoba bermain lebih menekan. Mereka sukses mengalirkan bola dan membuat defense lawan merasa kebingungan. Rholas masih unggul hingga akhir kuarter tiga dengan skor 19-7.

Di kuarter akhir Cheetah mencoba bangkit dan mengejar ketertinggalan. Sayangnya skuad asuhan Ernest Koswara tidak mendapatkan momentum yang bisa menjadi cambukan untuk para pemainnya hingga laga berakhir. Statistik lengkap game ini bisa kamu lihat di sini.

Putra Rholas (SMPN 12 Surabaya) tampil impresif di babak big eight Junior DBL East Java Series 2020. Menghadapi TFS (SMPN 35 Surabaya) Rholas tampil sangat mendominasi dan memenangi laga dengan skor 45-14.

Dominasi Rholas sudah terlihat dari awal laga. Mereka bermain nyaris sempurna baik dalam defense maupun offense. Rholas berhasil menutup kuarter kedua dengan keunggulan 34-2.

Pada kuarter ketiga para forward Rholas semakin leluasa. Serangan demi serangan mereka berikan kepada lini pertahanan lawan. Rholas semakin unggul 43-4 di akhir kuarter ketiga.

Memasuki kuarter terakhir Rholas mencoba melakukan rotasi pemain. Mereka juga mencoba untuk bermain dengan tempo yang lambat. Rholas keluar sebagai pemenang pada pertandingan ini dengan skor 45-14. Statistik lengkap game ini bisa kamu lihat di sini.

Jika pada laga-laga sebelumnya Rholas cenderung menang mudah dengan margin skor yang besar, di Fantastic Four mereka seperti mendapatkan lawan yang sebenarnya.

Yap, di laga Fantastic Four Rholas berhasil menang dengan skor sangat ketat atas SMP Petra 1 Surabaya, 62-60. Sejak kuarter pertama, Rholass langsung tampil menggebrak. Permainan gemilang Qaulan Syakilla dan Andang Ramadhan Rizky Putra membuat membuat petra 1 harus tertinggal lebih dulu dengan skor 16-11.

Memasuki kuarter kedua, pelatih Petra 1, Lim Filixs mulai mengubah strateginya. Delapan poin yang mereka sumbangkan membuat skor menipis menjadi 23-24.

Tensi pertandingan mulai semakin panas di kuarter tiga. Petra 1 berhasil membalikkan keadaan menjadi 27-25 melalui umpan yang diberikan Cliff Louis. Sontak hal ini memuat mental pemain SMP Petra 1 Surabaya semakin panas.

Meski sampat dibalas oleh Rholas, Petra 1 yang bermain ngotot juga mampu kembali membalikkan keadaan. Tercatat, Petra 1 berhasil membalikan keadaan sebanyak tiga kali di kuarter ini.

Sayang, di penghujung kuarter tiga, Rholas berhasil mempertahankan kunggulannya. Threepoint yang dilakukan Andang Ramadhan dan disusul freethrows Qaulan Syakilla membuat mereka unggul 42-39.

Memasuki kuarter pemungkas, Andang Ramadhan yang sedang panas-panasnya menjadi momok bagi pertahanan SMP Petra 1 Surabaya. Siswa DBL Academy Surabaya ini berhasil membuahkan sembilan angka. Salah satu poin krusial yang ia bukukan adalah saat ia berhasil menyamakan keadaan menjadi 54-54 di menit keenam pertandingan.

Hal ini tak dibiarkan begitu saja oleh Petra 1. Kali ini, giliran Cliff Louis yang menunjukkan ketajamannya. Lima poin yang ia lesakkan secara beruntun membuat timnya kembali memimpin jalannya pertandingan. Sayang, momentum ini tak dipertahankan dengan baik oleh Petra 1. Rholas yang kembali on fire berhasil mengejar ketertinggalannya. Tiga poin yang dilesakkan Qaulan mampu membuat skor kembali imbang 60-60.

Rholas berbalik unggul setelah tembakan Andhang Ramadhan berhasil membuat skor berubah menjadi 62-60 di akhir kuarter keempat. Sontak tribun SMPN 12 Surabaya langsung bergetar dan membuat atmosfer laga semakin panas. Statistik pertandingan selengkapnua bisa kamu baca di sini.(*)

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY