ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Source: Bleacher Report

Sebagai pemain basket kamu tentu ingin memenangkan pertandingan dengan menciptakan banyak poin dengan kerjasama tim yang apik. Ada banyak trik yang bisa dilakukan saat melakukan offense. 

Salah satu trik dasar yang bisa diterapkan dalam pertandingan adalah hand off. Trik ini umunya hampir sama dengan trik pick and roll. Perbedaanya, trik ini tidak perlu menerapkan banyak dribble. Intinya pemain harus menghampiri bola.

Dalam melakuakn hand off, playmaker atau si pembawa bola akan memberikan passing kepada rekan satu timnya yang sedang berada dalam posisi mid post. Setelah memberikan passing, Ia harus berlari menghampiri rekannya yang menerima bola dan mengambil kembali bola yang baru saja ia berikan.

Lawan yang tertahan rekan satu timmu yang menjadi screen tak bisa mengejarmu lagi. Setelah itu banyak opsi yang bisa dilakukan. Kamu bisa melakukan lay-up atau memberikan passing kembali ke rekan satu timmu yang sudah berlari bebas untuk melakukan finishing.

Berikut adalah tips untuk melakukan hand off.

 

Terapkan Pergerakan Shoulder to Shoulder

pemain yang menjemput bola dan pemain yang berperan sebagai screen dan pemberi bola harus rapat. Usahakan pertemuan bahu dan bahu agar lawan tak bisa merebut bola atau masuk diantara kalian.

 

Pelaku hand off harus masuk kedalam two point area

Pemain yang menjemput bola harus segera masuk ke dalam area pertahanan lawan dengan cepat. Hal ini bertujuan agar kamu bisa menjauhkan diri dari penjagaan lawan dan mencari opsi untuk menciptakan poin.

 

Harus stay low atau jongkok

Tetap dalam posisi rendah untuk menjaga keseimbangan. Dengan posisi rendah kamu juga bisa mendapatkan kuda-kuda yang kuat untuk menahan pergerakan lawan atau memberikan passing.

Untuk lebih lengkapnya saksikan video Tricky Tricks episode 'Hand Off' yang satu ini. Coach Dimas Muhari dan Armando Frederick akan mempraktekan caranya dengan jelas.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)