ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Shooting Guard seringkali disebut sebagai "shooter" yang menopang tim dengan kemampuan shootingnya

Dalam basket modern pemain dengan posisi shooting guard menjadi kebutuhan yang wajib dimiliki oleh sebuah tim basket. Selain cepat, para pemain shooting guard diharuskan memiliki kemampuan menembak yang mumpuni baik di luar maupun di dalam garis three point.

Hal itulah yang membuat para pemain berposisi SG (Shooting Guard) seringkali mencatatkan namanya sebagai top scorer dalam sebuah pertandingan.

Tak hanya mahir untuk urusan mencetak angka, para pemain berposisi SG juga harus memiliki kemampuan off-ball movement yang baik untuk bisa mencari ruang tembak yang ideal baginya.

Penasaran apa saja tugas pemain dengan posisi SG? Berikut beberapa penjelasannya, plus ada video dari DBL Play seputar kemampuan yang harus dimiliki seorang SG nih.

1. Three Point Shooter

Posisi SG dihuni pemain dengan kemampuan shooting yang mumpuni. Maka dari itu pemain ini wajib memiliki kemampuan three point shoot yang baik.

Biasanya shooting jarak jauh ini akan sangat bermanfaat dalam momen-momen clutch untuk membawa kemenangan bagi sebuah tim. Di NBA ada beberapa SG  yang punya kemampuan three point shoot ciamik. Antara lain James Harden, JJ Reddick, dan Kyle Korver.  

Tricky Trick DBL Play pernah membahas rahasia akurasi three point Dimaz Muharri. Jika kalian belum pernah nonton, yuk simak video di bawah ini, siapa tahu bermanfaat untuk bekal latihan di rumah atau sekolah.

 

2. Good Defense Person

Saat melakukan defensive, SG berperan untuk menjaga guard lawan. Area yang paling cocok dijaga oleh seorang SG adalah parimeter area dan diluar garis three point. Pemain dengan defense yang baik akan sangat berguna karena posisi ini akan menjadi penghalang utama sebelum pemain lawan berhasil masuk ke pertahanan tim. Posisi ini sering disebut sebagai lock down defender. Di bawah ini ada video bagaimana kalian bisa berlatih defense yang baik.

 

3. Spot Up Shooter

Kemampuan off-ball movement atau pergerakan tanpa bola seorang SG terlihat pada keahliannya menemukan ruang kosong untuk melakukan tembakan. Biasanya SG mendapat aliran bola langsung dari point guard, dari posisi-posisi yang tak terduga.

Nah, untuk bisa melakukan itu tentu dibutuhkan keterampilan release shoot. Release shoot adalah kemampuan menembak dengan spontan dan tepat sasaran. Kemampuan ini tentunya harus memiliki jam terbang dan ketenangan tinggi. Di bawah ini ada video dari tutorial cetak three point dari berbagai sudut.

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY