ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Kekuatan mental adalah kapasitas yang dimiliki seorang pemain untuk menghadapi stres, tantangan, dan tekanan. Kemudian menunjukkan kinerja terbaiknya, terlepas dari keadaan mereka.

Secara umum, kekuatan mental seorang atlet basket akan sangat menentukan keberhasilan mereka dalam sebuah pertandingan. Akan Tetapi, bagaimana cara membangun kekutan mental?

Salah satu cara paling efektif untuk membangun kekuatan mental adalah melalui fokus terhadap sesuatu yang sedang dihadapi. Terdengar sangat sederhana. Namun sangat sedikit atlet yang bisa melakukan ini.

Jika kalian berpikir tentang permainan buruk di pertandingan sebelumnya, atau tekanan yang akan datang selama permainan, hal itu dapat mengganggu fokus dalam game.

Sebagai pebasket pasti sering terbayang ketakutan akan hal yang belum terjadi. Misal tentang kekalahan, atau kesulitan mencetak poin. Jika dibiarkan, hal itu akan melemahkan mental kalian.

Sebenarnya banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk menguatkan mental. Cara paling mudah adalah meditasi. Metode ini bertujuan untuk melatih fokus seseorang dan menghilangkan semua pikiran negatif yang terus membayangi.

Lakukan latihan pernapasan dalam meditasi tersebut. Cukup fokus pada napas dan belajar mengendalikan pikiran, seorang atlet dapat memperoleh pengaruh luar biasa di pertandingan. Selain lebih fokus, latihan ini juga efektif untuk mengendalikan emosi.

Michael Jordan dan mendiang Kobe Bryant adalah contoh pebasket yang bisa menjaga fokusnya. Mereka tetap tenang di momen krusial. Sports Psychologist, George Mumford adalah sosok penting di balik ketenangan kedua legenda itu.

George Mumford menularkan ilmunya kepada Phil Jackson, mantan pelatih Chicago Bulls dan LA Lakers. Kemudian Jackson menurunkan lmu tentang fokus bermain kepada Jordan dan Kobe yang pernah menjadi anak asuhnya.

"Sangat penting bagi pemain untuk memiliki keterampilan fokus pada pertandingan. Untuk bisa meraih kesuksesan, penting untuk bisa memusatkan perhatianmu pada situasi yang sedang dihadapi," kata Jackson kepada reporter ESPN, Ian Begley.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY