ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Punya kemampuan bertahan yang hebat memang kerap kali tak menjadi pusat perhatian dalam sebuah pertandingan basket. Tapi sebenarnya, pemain dengan kemampuan inilah yang paling diandalkan dalam sebuah tim.

Ada istilah dalam basket yang menyebut tim juara adalah tim yang memiliki pemain-pemain hebat dalam bertahan. Selain itu, jika kalian seorang pemain yang dapat diandalkan dalam defense, pelatih akan lebih memiliki banyak alasan untuk memainkanmu, dibanding pemain lain. Ada 10 kunci untuk meningkatkan kemampuan bertahanmu. 

1. Hilangkan rasa takut
Jangan cari pemain lawan paling mudah untuk dijaga. Itu tidak akan membuatmu menjadi defender handal. Tantang dirimu untuk menjaga pemain terbaik dari tim lawan. Atau menjaga pemain terbaik dari timmu dalam latihan. Defender handal tidak pernah takut tantangan baru.

2. Miliki fisik prima
Basket secara aturan memang melarang kontak fisik. Namun, dalam gerakan defense benturan dengan pemain lawan tidak dapat dihindari. Entah itu saat melakukan box out, screen, ataupun rebounds. Jadi siapkan otot dan fisikmu untuk tantangan itu.

3. Amati strategi lawan saat menyerang
Persiapan sebelum pertandingan mutlak harus kamu lakukan untuk menjadi pemain bertahan hebat. Lihat rekaman video pertandingan lawan.

Pahami benar strategi tim yang ingin dimainkan pelatih. Pelajari kebiasaan pelatih lawan dalam menyerang. Semakin mudah kamu memahami strategi lawan, semakin mudah kamu mematahkan serangan mereka di pertandingan.

4. Aktif berkomunikasi
Fakta sudah membuktikan, pemain bertahan terbaik adalah mereka yang paling sering berbicara dan berkomunikasi baik dengan rekan setimnya. Entah itu saat di lapangan atau di bench.

Saat menggalang pertahanan, selalu ada yang harus dikomunikasikan dengan rekanmu. Entah itu teriakan-teriakan singkat seperti "bola," help side", atau yang lain.

5. Tetaplah fokus meski di bench
Beberapa pemain terlena dengan keriuhan penonton maupun keseruan pertandingan saat tidak dimainkan pelatih. Itu salah besar. Meski dirimu berada di bench cobalah tetap mempelajari strategi maupun pergerakan tim lawan. Itu akan banyak membantumu untuk langsung bermain baik saat pelatih menunjukmu masuk ke lapangan.

6. Siaplah sakit
Kadang, sebagai pemain bertahan kamu harus siap menjadikan tubuhmu sebagai dinding terakhir pertahanan. Entah untuk melakukan bumping atau memotong gerakan cutting lawan. Pemain bertahan yang baik selalu berfikir, apapun caranya, lawan harus gagal membuat poin.

7. Pahami Wasit Referee
Wasit juga manusia. Kadang dia punya hari baik dan hari buruk. Saat dia melakukan tiupan yang kamu anggap merugikan, kamu harus tahu bagaimana cara dan waktu yang tepat untuk meminta penjelasan. Saat kamu protes tidak pada waktunya, kamu sama saja memberi kesempatan lawan melakukan fast break dengan mulus.

8. Jangan hanya fokus kepada pemain yang kamu jaga
Defender yang baik tidak hanya risau ketika pemain yang dia jaga membuat poin. Dia juga risau ketika pemain lawan lain juga mampu membuat poin. Oleh karena itu, pemain bertahan yang tangguh selalu siap mengisi posisi help side. Dia selalu siap bergerak untuk membantu penjagaan di sektor lain sesuai game plan.

9. Buat pemain lawan tidak nyaman
Jangan pernah membuat pemain yang sedang menyerang mendapatkan posisi nyaman di pertahannmu. Teruslah bergerak. Buat dia tidak bisa mendapatkan posisi terbaik untuk menerima bola men-dribble, atau menembak.

10. Pelajari cara bermain defender-defender hebat
Menjadi defender handal bukan hanya tentang memiliki fisik yang kuat. Tapi kemauan kuat serta kecerdasan di lapangan. Pelajari cara bermain pemain-pemain bertahan terbaik idolamu.

Cari tahu bagaimana mereka menemukan posisi yang pas saat bertahan. Bagaimana pergerakan kaki dan pandangan mereka mampu mematahkan serangan lawan.

Tak semua pemain yang punya kemampuan bertahan bagus lepas dari sorotan publik. Buktinya Joe Dumars. Legenda basket asal Detroit Pistons ini tak hanya beberapa kali mendapatkan kesempatan mengisi skuad NBA All-Star dan NBA All-Defensive First Team, tapi namanya juga sampai masuk Basketball Hall of Fame pada 2006. 

Nama Joe Dumars juga diabadikan sebagai trofi untuk NBA Sportsmanship Award. (Baca juga: On This Date: 10 Maret 2000 Trofi NBA Sportsmanship Award Dinamai Joe Dumars).(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY