ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Pernahkah kalian merasakan cedera engkel? Hmmm, pastinya sakit banget kan. Cedera engkel memang sering kali menghantui para atlet basket. Sebab olahraga ini punya intensitas gerakan melompat yang tinggi. Tapi tenang, kamu bisa sedini mungkin menghindari cedera tersebut. Berikut tips yang dikutip dbl.id dari situs terapi di Amerika Serikat.

1. Gunakan sepatu yang sesuai
Salah satu bentuk kepedulian yang pertama dalam menjaga engkelmu adalah dengan memilih sepatu yang bisa melindungi bagian tubuh tersebut.

Jangan khawatir, sebagian besar sepatu basket memang sudah dibuat menutupi mata kaki untuk melindungi engkel kakimu dari cedera. Jadi jangan sembarangan memakai sepatu saat main basket ya. Juga sepatu kalian ukurannya harus pas.

2. Perkuat otot kaki, pinggul, dan perut
Percaya atau tidak, ketika kamu berjalan atau berlari, ini memiliki banyak keterkaitan dengan bagian tubuh pinggul, perut, dan kaki. Oleh sebab itu, keselarasan dan kekuatan otot pada bagian-bagian ini sangat berhubungan dengan kekuatan kamu saat melakukan aktifitas berat seperti olahraga.

3. Tingkatkan keseimbangan tubuh
Seberapa besar berat badanmu, memiliki keseimbangan tubuh punya peran besar dengan seberapa besar kamu bisa terhindar dari cedera keseleo engkel atau pergelangan kaki.

Setiap bagian tubuhmu yang bergerak memiliki sensor kecil bernama proprioceptors. Sensor-sensor ini mengirim pesan secara cepat kepada otak untuk memastikan bagian saraf mana yang harus digerakkan agar tubuhmu tetap seimbang dan tegap saat dirimu beraktifitas.

4. Pertahankan latihan Dorsofleksi
Jika kalian sudah pernah mengalami cedera engkel, kelenturan serta fleksibilitas pergelangan kakimu akan sedikit berkurang. Oleh karena itu sering-seringlah untuk melakukan gerakan dorsofleksi atau menarik jari-jari kaki ke arah wajahmu. Ini berguna untuk peregangan dan melenturkan otot-otot di bagian tersebut.

5. Gunakan jempol kaki
Sering kali keseleo atau cedera engkel berawal dari kesalahan tumpuan kaki. Banyak dari penderita cedera ini memberikan tumpuan berat tubuhnya kepada kaki bagian luar atau di bagian jari kelingking.

Jika kalian masih melakukannya coba ubah tumpuan kakimu saat berjalan atau berlari ke bagian ujung kaki bagian dalam atau jempol. Itu lebih bisa menghindarkanmu dari cedera engkel.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY