ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Skipping menjadi salah satu opsi latihan yang bisa kamu lakukan di rumah. Selain terjangkau, drill ini juga nggak menghabiskan banyak space. Serta bisa dilakukan kapan saja. Nah, menurut USA Basketball, ada lima drill latihan dengan metode skipping yang bisa bikin kamu makin gesit. Apa aja sih?

Quick Feet

Drill yang satu ini merupakan metode yang paling simpel. Meski begitu, punya dampak yang sangat besar untuk melatih agility-mu. Caranya dengan memberikan kecepatan putaran yang tinggi selagi kakimu melompat. Lakukan sebanyak 30 detik dalam 3 repetisi. Setiap repetisi berhenti 15 detik untuk istirahat ya!

Lateral Quick Feet

Metode ini sebenarnya tidak jauh beda dengan quick feet biasa. Bedanya berada di gerakan lompatan. Kalau quick feet, kamu hanya perlu melompat di satu titik. Sedangkan lateral quick feet mewajibkanmu melompat ke kiri dan ke kanan selagi talinya berputar. Lakukan sebanyak 30 detik dalam 3 repetisi. Setiap repetisi berhenti 15 detik untuk istirahat.

Ali Shuffle

Ali shuffle adalah gerakan khas petinju legendaris Muhammad Ali dalam melakukan skipping. Berbeda dengan quick feet, Ali shuffle mewajibkan kamu menggerakkan kaki layaknya berjalan selagi melompat melewati tali.

Buat pemula, kamu nggak perlu melakukan putaran yang cepat. Yang penting adalah repetisi latihan ini agar terbiasa. Untuk satu sesi kamu bisa meakukan ini sebanyak 30 detik dalam 3 repetisi. Setiap repetisi berhenti 15 detik untuk istirahat.

Hurdle Step

Teknik ini memiliki manfaat unutk meningkatkan elastisitas kakumu. Caranya dengan menapakkan satu kaki di tanah selagi kaki lainnya diangkat setinggi pinggang. Lalu, lakukan skipping hanya dnegan satu kaki secara bergantian.

Hal yang harus kalian perhatikan adalah, porsi hurdle step harus lebih sedikit dibandingkan drill lainnya. Lakukan drill ini hanya lima detik dengan tiga kali repetisi. Dan istirahat selama 10 detik. Melebihi itu bisa meningkatkan resiko cedera kaki loh! Hal ini dikarenakan beban tubuhmu hanya ditopang oleh satu kaki.

Lateral Hurdle Step

Teknik ini merupakan variasi dari hurdle step. Caranya dengan melakukan lompatan lateral ke kiri dan kanan untuk meningkatkan footwork-mu. Lakukan dengan waktu yang sama dengan hurdle step. Yaitu selama lima detik dengan tiga kali repetisi. Dan istirahat selama 10 detik.

Nah, biar makin jago, kalian bisa tonton beberapa video latihan skipping untuk basket di bawah ini.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY