ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Libur sekolah bukan berarti libur latihan. Kalian masih bisa mengasah skill di rumah dengan pola-pola latihan sederhana tapi bermanfaat besar menjaga feeling touch-mu saat nanti kembali latihan atau bertanding.

Dilansir dari Ballerinstitute, salah satu menu latihan yang bisa kamu lahap adalah "7 minutes handle". Ini latihan singkat yang dirancang untuk meningkatkan skill dribble. Kalian hanya butuh menyisihkan waktu tujuh menit. Bisa sambil nonton tv atau sebelum sarapan pun makan siang. Berikut latihannya.

1. Slap drill

Dribble bola menyilang dari tangan kanan menuju tangan kirimu di depan badan. Lantas lakukan sebaliknya. Pertahankan gerakan tersebut.

Pastikan dribble yang kamu lakukan sempurna alias bola dalam penguasaanmu. Kamu juga bisa melakukannya sambil berjalan. Lakukan gerakan ini selama 15 detik.


2. Flip drill

Pegang bola dengan kedua tangan di belakang punggung. Rentangkan kaki selebar bahu. Bungkukkan pinggang hingga 90 derajat. Lempar bola melewati kedua kaki ke depan.

Tangkap bola di depan lutut dengan cepat. Lalu kembalikan ke belakang melalui kedua kaki lagi dan tangkap. Bola jangan sampai jayuh menyentuh lantai. Ulangi gerakan ini selama 15 detik.

3. Flop drill

Posisi tubuh masih sama seperti gerakan flip. Tapi pegang bola dengan tangan kanan di depan dan tangan kiri di belakang. Lepas bola lalu tukar posisi tangan kanan dan kiri. Tangkap Bola sebelum menyentuh lantai. Ulangi selama 30 detik.

4. Machine gun drill

Duduklah di lantai dengan merentangkan kedua kaki membentuk huruf V. Taruh bola di antara kedua kaki. Dribble bola serendah dan secepat mungkin bergantian menggunakan tangan kanan dan kiri selama 30 detik.

Selanjutnya menggunakan tangan kanan saja dribble bola 30 detik melewati lutut. Lakukan hal serupa menggunakan tangan kiri juga selama 30 detik.

5. Figure 8 drill

Berdirilah dengan kaki terbuka lebar dengan bola di tangan kanan. Dribble bola di lingkaran kaki kanan anda lalu lakukan crossover ke tangan kiri anda. Lalu lakukan dribble di lingkaran kaki kiri. Ulangi gerakan tersebut selama 60 detik.

6. 2 ball drill

Pegang satu bola basket di masing-masing tangan. Mulailah men-dribble keduanya bersama-sama selama 15 detik. Setelah itu bergeraklah dengan tetap men-dribble di kedua tangan selama 15 detik. Terakhir lakukan crossover menggunakan 2 bola selama 30 detik.

7. 2 ball figure 8

Posisikan tubuh seperti figure 8 drill. Mulai dribble bola bersama-sama di kedua tangan. Dribble bola di tangan kanan mengikuti lingkaran kaki kanan anda. Setelah itu berganti dribble bola di tangan kiri sambil mengikuti lingkaran kaki kiri. Pertahankan gerakan itu selama 60 detik.


8. Tennis ball drill

Berdirilah sekitar 3 langkah dari dinding. Pegang bola basket di tangan kanan dan bola tenis di tangan kiri. Dribble bola basket di tangan kanan. Di waktu bersamaan lempar bola tenis ke dinding dengan tangan kiri. Pertahankan gerakan tersebut selama masing-masing 30 detik untuk kanan dan kiri.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)