ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

ilustrasi: headtopics

Sudah satu minggu lebih beberapa sekolah diliburkan karena Coronavirus. Kebijakan ini diterapkan tak lain untuk mencegah persebaran virus ini yang sangat cepat. Bosan? tentu. Jenuh? sangat.

Kalian tau nggak sih, ada beberapa hal yang bikin kamu makin lama menjalani self quarantine dengan #dirumahaja. Bahkan hal-hal ini bisa bisa bikin kamu makin lama ketemu areknya, sampai mundurnya gelaran Honda DBL loh. Apa aja hal-hal yang harus kalian patuhi agar pandemi ini segera berakhir?

 

1. Nongkrong Bareng Teman

Kelihatannya simpel, sekedar nongkrong di warung bersama teman. Atau mungkin nongkrong di coffee shop bersama teman. Tapi pemerintah melarang hal itu di kondisi tak berlebihan loh. 

Sebab larangan itu bertujuan memutus rantai penyebaran Coronavirus. Semakin banyak yang nongkrong, semakin besar potensi virus ini menyebar. Dan akhirnya yang ada kamu malah makin lama "dirumahkan". Sebagai gantinya, kamu bisa main games atau video call untuk melepas kangen.

 

2. Shopping di Mall

Nggak ada yang salah kok dengan belanja di mall. Namun, di fase yang seperti ini sebisa mungkin harus kamu kurangi ya. Pasalnya, meski beberapa mal atau pusat perbelanjaan melakukan tindakan preventif, ada kemungkinan pengidap korona bisa lolos screening.

Hal ini terjadi dikarenakan ada beberapa kasus penderita yang tidak mengalami gejala. Tak hanya bisa menularkan, kalian juga bisa tertular. Nah, lebih amannya kamu bisa belanja via online, apalagi ada banyak banget promo gratis ongkos kirim selama pandemi ini berlangsung.

 

3. Batuk dan Bersin Sembarangan

Cairan yang dikeluarkan oleh orang yang membawa virus corona bisa menularkan sekitarnya. Apalagi mengenai mata atau bibir. Nah, terlepas kamu membawa atau tidak virus korona di tubuhmu, kamu wajib untuk melakukan etika batuk atau bersin.

Caranya dengan batuk atau bersin ke dalam lipatan sikut. Kenapa bukan tangan? Karena, ketika kamu bersin atau batuk ke tangan, virus atau bakteri akan tertinggal di telapak tangan. Hal yang terjadi justru bukan menghentikan penyebaran virus. Malah menyebarkan virus melalui bersalaman hingga memegang gagang pintu.

 

4. Kurang Peduli Kebersihan

Yang terakhir ini simpel dan gak kalah penting. Jaga kebersihan. Terutama cuci tangan. Memang, sekarang hand sanitizer makin langka. Tapi bukan berarti kamu nggak cuci tangan ya.

Kandungan lipid bilayer yang ada di sabun justru jauh lebih efektif daripada alkohol yang ada di hand sanitizer. Jangan lupa juga untuk segera mandi dan cuci bajumu saat kamu pulang dari luar rumah karena emergency ya!

 

5. Gak Usah Paksain Latihan atau Workout di Luar Rumah

Di tengah kondisi seperti ini menjaga kesehatan dengan olahraga memang harus. Tapi jangan paksakan diri kalian untuk melakukan latihan basket atau workout di luar. Meskipun hanya dengan teman kalian. Sebab, kita tidak tahu teman kalian itu habis bertemu dengan siapa saja. Misalnya hal sepele, kalian atau teman kalian mendadak harus beli minuman, yang kita juga tidak tahu bagaimana sterilnya si penjual minuman tersebut. Kalau latihan atau workout di rumah kan kalian bisa sediakan sendiri semuanya. Terjamin sterilnya.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY