ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

SMA Global Prima mendapatkian banyak pelajaran berharga dari babak delapan besar musim lalu. Tak hanya dari fisik, fundamental juga menjadi salah satu poin yang ingin dibenahi oleh coach Handoko  musim ini.

"Salah satu program yang sudah kami lakukan sebelum pandemi coronavirus adalah aquatic training. Meski simpel, metode ini membuahkan progres positif ke fisik pemain,” jelas coach Handoko.

Ia menambahkan, program ini ia didapatkan dari sesama pelatih yang berada di Medan. Ia pun melakukannya tiap dua bulan sekali.

Ada beberapa latihan yang ia berikan selama di dalam air. Mulai dari jogging, lompat, hingga mendayung di dalam air. Bahkan, anak asuhnya sangat ketagihan dengan program latihan ini.

"Kalau sudah di dalam air, mereka langsung all out dan seolah tidak ada capeknya. Baru besoknya keliatan lelah. Tapi sejauh ini, endurance mereka juga meningkat dibanding sebelum melakukan metode ini," ujar coach Handoko.

Tak hanya itu, agar anak asuhnya tidak jenuh dalam berlatih, coach Handoko juga memberikan metode latihan dengan mini games. Salah satunya dengan menggunakan metode warna untuk melakukan manuver.

Dalam latihan ini, anak-anaknya melakukan posisi dribble yang di depannya terdapat cone warna. Mntuk melatih fokus, pemainnya wajib bergerak ke arah cone yang sesuai dengan apa yang coach Handoko ucapkan.

"Selain itu, kami juga menggunakan bola dengan beban yang lebih berat. Kami memodifikasi bola rusak dengan memberi pasir dan kain agar bobotnya semakin berat. Metode ini juga bisa untuk meningkatkan kemampuan otot anak-anak," tambah pelatih 32 tahun tersebut.

Coach Handoko berharap drill latihan ini membuat timnya semakin siap. Tidak ada lagi bench warmer. Semua pemain punya kemampuan yang sama dan merata sehingga tidak ada ketimpangan dalam skuad.

"Semoga anak-anak bisa jadi individu yang disiplin dan selalu bersyukur. Baik menang ataupun kalah. Karena hal ini adalah bagian dari rencana-Nya," tutur coach Handoko.(*)

Yuk beli kaus 'DBL Region' dari Mainbasket untuk Bersatu Saling Bantu Penanganan COVID-19. Selengkapnya klik banner di bawah ini..

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY