ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Dalam sesi live di Instagram @dblindonesiaofficial kemarin, Brylia Tumanduk bercerita banyak tentang pengalamannya bermain basket. Dia pernah membawa tim SMP-nya juara di Junior DBL seri Manado. Kemudian Brylia dua kali terpilih menjadi Honda DBL Indonesia All-Star. Selain itu, cewek 16 tahun ini juga memberikan tips tentang rahasia memiliki shooting yang tajam. Apa saja sih?

1. Motion Gerakan Harus Benar
Banyak orang beranggapan jika shooting hanya sekedar melempar bola ke arah ring. Padahal, ada beberapa step yang harus dilakukan agar tembakan makin optimal. Inilah yang ditekankan Brylia kepada para followers DBL Indonesia. Pasalnya, dasar shooting, yang kerap disebut BEEF, harus diaplikasikan dengan benar agar bola bisa masuk.

"Kadang kalau laga sedang ketat, kami sering berusaha shooting. Dan terkadang kami lupa dengan kuda-kuda menembak. It's okay. Hanya di kesempatan selanjutnya harus benar-benar melakukan posisi yang tepat, agar tembakannya punya peluang masuk yang pas. Tidak air ball, dan lebih terarah," ujar MVP Junior DBL 2017 seri Manado tersebut.

2. Latihan dan Repetisi
Agar bisa terbiasa melakukan shooting dengan kuda-kuda yang benar, latihan dan repetisi adalah kunci segalanya. Dengan membiasakan menembak dengan posisi yang tepat, akan menumbuhkan kebiasaan menembak yang akan dibawa di mana pun posisinya. Selain itu, biasakan untuk memulai menembak dari jarak terdekat dan perlahan menjauh ya.

"Banyak orang yang belajar shooting dari jarak jauh terlebih dahulu. Kalau aku justru menyarankan dari jarak terdekat dulu. Dari bawah ring dan perlahan mundur sampai three point line. Tujuannya buat mengasah sense menembak sehingga bisa terbiasa menembak dari mana pun posisinya," tambah Brylia.

3. Jangan Lupa Workout Menguatkan Tangan
Tak cuma akurasi, shooting juga membutuhkan power. Terlebih ketika melakukan tembakan jarak jauh seperti three point. Dibutuhkan otot lengan yang kuat agar tembakan tidak air ball. Menurut Brylia, ada beberapa workout yang bisa dilakukan di rumah untuk menguatkan otot lengan.

"Aku biasanya push up sih. Soalnya bisa menguatkan otot trisep dan bisep. Jadi power tembakannya semakin kuat," ucap Brylia.

4. Tenangkan Diri
Laga yang ketat tentu akan menguras tenaga dan emosi. Hal ini juga bisa menjadi tekanan ketika berada di lapangan. Brylia memberikan beberapa tips agar para followers DBL Indonesia bisa lebih tenang ketika akan menembak

"Mengatur napas adalah poin terpenting. Jika laga sedang sengit dan tembakanku sempat meleset, maka di tembakan selanjutnya aku bakal mengatur ritme napas sebelum menembak. Tujuannya biar tubuh bisa lebih relaks, dan bisa menembak dengan lebih tenang," tutur Brylia.(*)

Yuk beli kaus 'DBL Region' dari Mainbasket untuk Bersatu Saling Bantu Penanganan COVID-19. Selengkapnya klik banner di bawah ini.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY